IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS 3 DI MI MA'ARIF NU 01 KEDUNGBANTENG

WAHYU ATIKATUN, NAHDIYAH (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS 3 DI MI MA'ARIF NU 01 KEDUNGBANTENG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
WAHYU ATIKATUN NAHDIYAH_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS 3 DI MI MA'ARIF NU 01 KEDUNGBANTENG.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pendidikan karakter merupakan suatu pembelajaran yang bertujuan untuk membentuk kepribadian yang baik dengan menanamkan nilai-nilai karakter tertentu pada diri seseorang. Pembelajaran seni budaya dan prakarya sebagai salah satu bentuk internalisasi nilai-nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara mengembangkan karakter anak melalui pembelajaran seni budaya dan prakarya kelas III tema 5 “Cuaca”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Data-data dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MI Ma’arif NU 01 Kedungbanteng. Dengan subjek penelitian meliputi, kepala madrasah dan guru kelas III. Hasil penelitian membuktikan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran seni budaya dan prakarya adalah dengan terlaksananya pembelajaran tematik terpadu muatan seni budaya dan prakarya melalui rencana dan pelaksanaan pembelajaran. Dalam praktiknya guru mengintegrasikan melalui kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran, keteladanan, pembiasaan, kegiatan spontanitas, serta menciptakan suasana belajar yang kondusif. Di dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya guru mengembangkan dan menanamkan nilai-nilai karakter yang dikembangkan oleh Kemendiknas disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik tentang pentingnya integrasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui pembelajaran seni budaya dan prakarya. Guru menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter yaitu karakter religius, jujur, disiplin, kreatif, mandiri, bersahabat/komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggungjawab. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Seni Budaya dan Prakarya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Seni Budaya dan Prakarya.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: WAHYU ATIKATUN NAHDIYAH sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:39
Last Modified: 12 Jul 2024 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25546

Actions (login required)

View Item View Item