PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN GAYA HIDUP DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN SHOPEEPAY PADA GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS

Latifah, Choirunnisa (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN GAYA HIDUP DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN SHOPEEPAY PADA GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LATIFAH CHOIRUNNISA_PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN GAYA HIDUP DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN SHOPEEPAY PADA GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LATIFAH CHOIRUNNISA_PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN GAYA HIDUP DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN SHOPEEPAY PADA GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan teknologi membawa berbagai inovasi, salah satunya adalah teknologi keuangan yang dikenal dengan Financial Technology (Fintech). Fintech merupakan layanan keuangan digital yang populer dan mengalami perkembangan yang signifikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Shopeepay sebagai objek penelitian. Penelitian dilatar belakangi oleh dilihat dari segi nilai dan jumlah pengguna, Shopeepay termasuk dalam dompet digital dengan pengguna terbanyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, kemudahan penggunaan dan gaya hidup digital terhadap keputusan menggunakan Shopeepay pada generasi Z di kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah generasi Z di kabupaten Banyumas, dengan sampel penelitian generasi Z yang menggunakan Shopeepay sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan wawancara. Adapun analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel literasi keuangan, kemudahan penggunaan, dan gaya hidup digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan Shopeepay dengan nilai sig < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel 1,984. Sedangkan secara simultan variabel literasi keuangan, kemudahan penggunaan dan gaya hidup digital berpengaruh terhadap keputusan menggunakan Shopeepay sebesar 47,3% sementara sisanya 52,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambahkan atau menggunakan variabel lain yang belum digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Kemudahan Penggunaan, Gaya Hidup Digital, Keputusan Menggunakan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Latifah Choirunnisa sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:36
Last Modified: 12 Jul 2024 01:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25541

Actions (login required)

View Item View Item