STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENCIPTAKAN SUASANA KONDUSIF DI KELAS 1 MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO

DWI, WAHYUNI (2024) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENCIPTAKAN SUASANA KONDUSIF DI KELAS 1 MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DWI WAHYUNI_2017405009_SKRIPSI. (1).pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses strategi pengelolaan kelas dalam menciptakan suasana kondusif di kelas 1 MI Darul Hikmah Bantarsoka. Dalam strategi pengolahan kelas ini dijelaskan sebagai pengorganisasian guru dan pengkoordinasian siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Pengelolaan kelas juga secara signifikan berkaitan dengan berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Dengan demikian strategi pengelolaan kelas ini juga dapat dilakukan guru agar membentuk lingkungan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Lingkungan pembelajaran yang kondusif ini juga perlu di kan yang dipertahankan agar tujuan pembelajaran yang disampaikan guru dapat tercapai dengan maksimal. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Observasi yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan datang langsung ke lapangan untuk melihat bagaimana strategi guru di kelas 1 dalam melakukan pengelolaan kelas. Untuk wawancara peneliti mewawancara guru-guru di kelas 1 dan juga kepala sekolah serta siswa-siswi kelas 1. Dan dokumentasi yang dilakukan peneliti yaitu mendokumentasikan hasil observasi dan juga pada saat wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti yang menjadi strategi pengelolaan kela agar menciptakan suasana kondusif ini yaitu adanya sebuah perencangan dalam pembelajaran, adanya penataan ruang kelas agar siswa nyaman pada saat pembelajaran, adanya motivasi belajar yang diberikan kepada guru untuk siswa , dan adanya perhatian guru dalam keadaan fisik juga psikologis siswa Kata Kunci: Strategi, Pengelolaan Kelas, Suasana Kondusif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI, PENGELOLAAN KELAS,SUASANA KONDUSIF
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Wahyuni sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 03:30
Last Modified: 13 Jul 2024 03:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25534

Actions (login required)

View Item View Item