Pendampingan Sosial Dalam Upaya Peningkatan Kemandirian Anak Asuh Di Panti Asuhan Al Awaliyah Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap

Maratul, Mukaromah (2024) Pendampingan Sosial Dalam Upaya Peningkatan Kemandirian Anak Asuh Di Panti Asuhan Al Awaliyah Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
BISMILLAH SIDANG (AutoRecovered).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 menegaskan bahwa setiap anak memiliki hak untuk hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara layak sesuai dengan harkat dan martabat manusia, serta berhak mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi sosial. Namun, banyaknya permasalahan sosial seperti anak yatim, dhuafa, terlantar, dan faktor ekonomi, mengakibatkan tidak terpenuhinya hak-hak anak tersebut. Hal ini menjadi penyebab yang melatarbelakngi anak untuk masuk ke panti asuhan. Di panti asuhan terdapat pendamping sosial yang memberikan berbagai pelayanan sosial dalam memenuhi kebutuhan anak asuh dan meningkatkan kemandirian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Pendamping Sosial Terhadap Peningkatan Kemandirian Anak Asuh di Panti Asuhan Al Awaliyah Maos Cilacap. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan lapangan, yang mencakup wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendampingan sosial yang dilakukan di panti asuhan yairu fungsi dan peran sebagai enabling, penguatan perlindungan, dan penguatan. Bentuk pendampingan sosial yang dilakukan berupa pemberian pelayanan, bimbingan, dan pelatihan keterampilan kepada anak dalam upaya meningkatakan kemandirian. Adapun tahapan dalam pendampingan sosial yaitu assessment, perencanaan, intervensi, evaluasi, dan terminasi. Dalam menjalankan perannya terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yaitu adanya perhatian dan bantuan dari pemerintah, serta lokasi yang strategis sedangan faktor penghambat yaitu fasilitas yang kurang memadai dan kurangnya SDM yang profesional di bidangnya. Diharapkan anak asuh dapat mengembangkan kemandiriannya dan bertanggung jawab atas dirinya sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Sosial, Kemandirian Anak, Panti Asuhan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Depositing User: Sdr Maratul Mukaromah
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:20
Last Modified: 11 Jul 2024 07:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25532

Actions (login required)

View Item View Item