“IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI MA’ARIF 01 PAHONJEAN KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP”

Dwi Elsa, Anggraeni (2024) “IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI MA’ARIF 01 PAHONJEAN KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP”. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Dwi elsa Anggraeni_IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI MA’ARIF 01 PAHONJEAN KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Saat ini, era globalisasi menghadirkan tantangan yang dihadapi oleh guru karena anak-anak lebih memilih menggunakan game online, gadget, televisi daripada membaca Al-Qur’an. Menghadapi hal tersebut, membaca dan menghafal Al-Qur’an ditanamkan sejak dini. Dalam kasus seperti itu, penting untuk adanya kegiatan yang menjadi jembatan untuk anak dapat belajar Al-Qur’an. MI Ma’arif 01 Pahonjean menyiapkan program tahfidz Al-Qur’an sebagai upaya madrasah dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persiapan madrasah dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program tahfidz Al-Qur’an di MI Ma’arif 01 Pahonjean. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model Milles & Hubermen yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada perencanaan dilakukan pemilihan tujuan organisasi, menentukan penempatan siswa kelas tahfidz, penentuan guru kelas tahfidz, sumber belajar, metode dan strategi pembelajaran, capaian target hafalan. Perencanaan seorang guru yaitu mempersiapkan buku pedoman sebagai rujukan dalam mengajar. Pada pelaksanaan program tahfidz pada kelas 1,2 dan 3 sudah menghafal sampai juz 30, sedangkan kelas 4 dan 5 selain juz 30 diberikan hafalan suratan pilihan yaitu Surat Al-Mulk, Surat Yasin bahkan juz 1 dan 2. Pelaksanaan pembelajarannya dimulai dari berdo’a, tartilan sholawat, hafalan suratan kemudian setoran hafalan kepada guru pendamping. Metode menghafal Al-Qur’an yang digunakan ialah metode baghdadiyah dan metode talaqqi. Jenis strategi yaitu strategi pembelajaran kelompok dan individu. Strategi penguat hafalan yaitu sambung ayat Al-Qur’an, muroja’ah. Evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi harian, evaluasi bulanan dan evaluasi tahunan. Kata Kunci : Implementasi Program, Tahfidz Qur’an dan Menagemen Madrasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi Program, Tahfidz Qur’an dan Menagemen Madrasah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Elsa Anggraeni sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:05
Last Modified: 11 Jul 2024 07:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25531

Actions (login required)

View Item View Item