Pembentukan Karakter Melalui Kegiatan Kepramukaan di MI An-Nuur Karangtawang Nusawungu Cilacap

Wawan, Irianto (2024) Pembentukan Karakter Melalui Kegiatan Kepramukaan di MI An-Nuur Karangtawang Nusawungu Cilacap. Masters thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Wawan Irianto_Pembentukan Karakter Melalui Kegiatan Kepramukaan di MI An-Nuur Karangtawang Nusawungu Cilacap.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kontradiksi antara teori yang diharapkan dan praktik nyata di lapangan terkait dengan karakter peserta didik. Permasalahan karakter memang telah menjadi perhatian guru, orang tua, dan semua pihak. Penelitian ini mengangkat tema tentang karakter dalam kegiatan kepramukaan, hal ini karena kegiatan kepramukaan diakui menjadi sarana yang efektif bagi pembinaan karakter peserta didik. Melalui kegiatan tersebut peserta didik dilatih agar tumbuh berkembang menjadi manusia yang berkarakter, memiliki akhlak mulia. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pembentukan karakter melalui kegiatan kepramukaan di MI An-Nuur Karangtawang kecamatan Nusawungu kabupaten Cilacap. Pendekatan penelitian bersifat deskriptif kualitatif Pengumpulan data diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut selanjutnya dianalisis, direduksi, dan disimpulkan, dengan demikian maka diperoleh hasil yang akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter melalui kegiatan kepramukaan di MI An-Nuur Karangtawang Nusawungu Cilacap dilakukan melalui internalisasi kepramukaan dalam pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler pramuka, dan melalui pembiasaan dan keteladanan guru selaku pembina pramuka. Adapun karakter yang terbentuk melalui kegiatan kepramukaan di MI An-Nuur Karangtawang yaitu karakter religius, jujur, disiplin, tanggungjawab, mandiri, percaya diri, bersahabat dan komunikatif, dan gotong royong. Karakter religius dibentuk melalui kegiatan pembiasaan shalat fardhu, berdoa sebelum dan setelah melakukan kegiatan, dan melalui sikap peduli terhadap sesama. Karakter jujur dibentuk melalui pembiasaan dan keteladanan berkata dan berperilaku jujur. Karakter disiplin dibentuk melalui kegiatan kepramukaan dengan tepat waktu. Karakter tanggungjawab dibentuk melalui pemberian tugas berupa tugas PR, menyelesaikan hasta karya atau keterampilan tertentu, dan kewajiban melaksanakan piket kelas. Karakter kemandirian dibentuk melalui pemberian tugas secara mandiri/tugas individual. Sedangkan karakter gotong royong dibentuk melalui kegiatan permainan bersama dan pemberian tugas kelompok. Kata kunci: pembentukan karakter, kegiatan kepramukaan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Kegiatan Kepramukaan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wawan Irianto sdr
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:30
Last Modified: 12 Jul 2024 06:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25525

Actions (login required)

View Item View Item