ASESMEN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI MIN 1 CILACAP

Nurul Khasanah, Makhfudz (2024) ASESMEN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI MIN 1 CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NURUL KHASANAH MAKHFUDZ_ASESMEN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI MIN 1 CILACAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Asesmen pembelajaran adalah rangkaian kegiatan penilaian mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan hasil tentang hasil kegiatan belajar siswa baik perorangan atau kelompok yang diperoleh melalui pengukuran. MIN 1 Cilacap merupakan salah satu madrasah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka selama 2 tahun pada kelas I dan IV. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi asesmen pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di kelas I dan IV MIN 1 Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan bersifat kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Milles and Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan asesmen pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di kelas I dan IV MIN 1 Cilacap diimplementasikan dalam 3 tahap yaitu: 1) perencanaan asesmen pembelajaran dengan memahami capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran, mengidentifikasi bentuk asesmen formatif dan sumatif, dan membuat instrumen asesmen formatif dan sumatif, 2) pelaksanaan asesmen pembelajaran dimulai dengan asesmen dignostik yang menggunakan analisis rapot siswa sebelumnya untuk kelas IV sedangkan di kelas I tidak menerapkan asesmen diagnostik dan asesmen formatif dilaksanakan bersamaan dengan proses pembelajaran dan menggunakan teknik tes dan non tes, sedangkan asesmen sumatif dimulai dengan tahap persiapan seperti pembuatan jadwal, pembuatan soal, pembutan kisi-kisi, terakhir tahap pelaksanaan asesmen sumatif dilaksanakan di akhir semester, 3) pengolahan hasil asesmen untuk mengidentifikasi pencapaian belajar dilakukan oleh guru dengan merekap dan menganalisis hasil asesmen, serta memberikan pengayaan bagi siswa yang sudah mencapai ketuntasan kriteria tujuan pembelajaran (KKTP), dan remidial bagi siswa yang belum mencapai KKTP, kemudian hasilnya dimasukan ke dalam aplikasi rapot digital. Kata Kunci: Asesmen Pembelajaran, Implementasi, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Pembelajaran, Implementasi, Kurikulum Merdeka
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Khasanah Makhfudz sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:25
Last Modified: 11 Jul 2024 06:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25520

Actions (login required)

View Item View Item