IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUFRADAT DENGAN METODE BERNYANYI PADA SISWA KELAS VII DI MTs MA'ARIF MANDIRAJA

Adinda, Fitriani (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUFRADAT DENGAN METODE BERNYANYI PADA SISWA KELAS VII DI MTs MA'ARIF MANDIRAJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Adinda Fitriani_Implementasi Pembelajaran Mufradat dengan Metode Bernyanyi Pada Siswa Kelas VII di MTs Ma'arif Mandiraja.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara menyeluruh mengenai bagaimana implementasi pembelajaran mufradat dengan metode bernyanyi pada siswa kelas VII di MTs Ma‟arif Mandiraja. Bahasa Arab senantiasa menjadi pembelajaran dalam dunia islam namun tetap saja kesulitan terjadi dalam setiap praktiknya. terkadang seorang tenaga pendidik lebih fokus kepada materi ajar tanpa berpikir bagaimana agar siswa mudah menyerap dengan luas ilmu yang dipelajari. Hal ini menjadi kebingungan siswa sendiri karena siswa memiliki kemampuan yang berbeda- beda dalam belajar. Ketepatan atas pilihan sebuah metode menjadi jalan maksimalnya hasil belajar yang diharapkan. Seperti yang dilakukan guru kelas VII di MTs Ma‟arif Mandiraja yang menerapkan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradat, hal ini bertujuan agar siswa lebih aktif, nyaman untuk mempelajari dan menangkap kosakata baru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu penerapan metode bernyanyi mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan guru menyiapkan modul ajar, materi, metode dan media. Tahap pelaksanaan diawali dengan penjelasan materi sesuai panduan yang ada dibuku LKS dengan variasi perpaduan antara pembelajaran mufradat dengan metode bernyanyi, kriteria nada ditentukan guru selanjutnya mendomonstrasikan secara bersama syair yang sudah dikemas dengan lagu. Tahap evaluasi dilakukan kondisional saat proses pembelajaran berlangsung melalui praktek siswa maju, permainan media kartu, refleksi, dan melalui soal latihan. Perubahan dari siswa yaitu mudah memahami materi yang disampaikan dengan cepat, senang dan lebih memiliki kesiapan mental dalam belajar. Kata Kunci: Metode Bernyayi, Mufradat, MTs Ma’arif Mandiraja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyayi, Mufradat, MTs Ma’arif Mandiraja
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Adinda Fitriani sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:29
Last Modified: 11 Jul 2024 06:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25517

Actions (login required)

View Item View Item