PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA KELAS VIII MTs NEGERI 04 BREBES

IDA, MAOLIDATUL MUKAROMAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA KELAS VIII MTs NEGERI 04 BREBES. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
IDA MAOLIDATUL MUKAROMAH_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA KELAS VIII MTs NEGERI 04 BREBES.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis pada kelas VIII MTs Negeri 04 Brebes. Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah bagian terpenting dalam belajar matematika karena kemampuan ini sangat mendukung pada pengembangan kemampuan matematis lainnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran VAK dengan menggunakan media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada kelas VIII MTs Negeri 04 Brebes. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Exsperimental Design. Adapun jumlah populasi yang digunakan sebanyak 123 siswa yaitu seluruh kelas VIII kecuali kelas VIII C dan untuk sampel yang digunakan yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 siswa dan kelas VIII B digunakan sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa tes. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai sebesar 0,000≤0,05 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran VAK bisa dilihat nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5716 yang artinya berkategori cukup efektif sedangkan nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol sebesar 0,2284 yang artinya berkategori tidak efektif. Dari hasil tersebut dapat membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran VAK dengan menggunakan media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada kelas VIII MTs Negeri 04 Brebes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran VAK, Video Pembelajaran
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: IDA MAOLIDATUL MUKAROMAH sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:47
Last Modified: 11 Jul 2024 06:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25515

Actions (login required)

View Item View Item