PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN KEADILAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN TAX MORALE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada KSP dan KSPPS yang Terdaftar di KPP Pratama Purwokerto)

MARTONO, MARTONO (2024) PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN KEADILAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN TAX MORALE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada KSP dan KSPPS yang Terdaftar di KPP Pratama Purwokerto). Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TESIS MARTONO_PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN KEADILAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN TAX MORALE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pajak merupakan sektor penerimaan dalam negeri yang paling potensial dibandingkan dengan sektor lainnya. Salah satu cara untuk mengukur kinerja pajak di suatu negara adalah dengan menghitung rasio pajak (tax ratio) karena mampu memberikan gambaran mengenai kondisi perpajakan serta menilai kapasitas sistem perpajakan di suatu negara. Pemerintah Indonesia hingga saat ini terus berupaya untuk meningkatkan rasio pajak (tax ratio) dan jumlah penerimaan dari sektor pajak melalui peningkatan kepatuhan wajib pajak. Menurut teori atribusi (atribution theory) yang dijadikan sebagai grand theory dalam tesis ini, perilaku mengenai kepatuhan wajib pajak dapat dipengaruhi oleh atribusi eksternal dan atribusi internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, pengetahuan perpajakan maupun keadilan pajak terhadap tax morale; serta untuk mengetahui pengaruh religiusitas, pengetahuan perpajakan maupun keadilan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui tax morale sebagai variabel mediasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 wajib pajak KSP dan KSPPS yang terdaftar di KPP Pratama Purwokerto. Penelitian in menggunakan metode kuantitatif, sedengankan teknik analisis data menggunakan Variance Based SEM (SEM-PLS) dengan bantuan soffware SmartPLS versi 3.2.9. Hasil analisis Variance Based SEM (SEM-PLS) menunjukkan bahwa religiusitas, pengetahuan perpajakan maupun keadilan pajak secara langsung berpengaruh positif signifikan tax morale; sedangkan religiusitas, pengetahuan perpajakan maupun keadilan pajak secara langsung berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Selanjutnya, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tax morale berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, dan tax morale memediasi secara signifikan pengaruh religiusitas, pengetahuan perpajakan maupun keadilan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak KSP dan KSPPS yang terdaftar di KPP Pratama Purwokerto.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Wajib Pajak, Tax Morale, Religiusitas, Pengetahuan Perpajakan, Keadilan Pajak
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
300 Social sciences > 350 Public administration > 352 Of local governments
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Martono Martono sdr
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:57
Last Modified: 11 Jul 2024 06:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25513

Actions (login required)

View Item View Item