PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MTS AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO UTARA

Arini, Khawasalngilmi (2024) PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MTS AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Arini Khawasalngilmi_Penggunaan Media Pop-Up Book Dalam Pembelajaran Mufradat di MTs Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto Utara.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab di Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran wajib di seluruh jenjang pendidikan Islam baik formal maupun non formal. Mufradāt menjadi salah satu unsur dasar untuk memahami dan mengembangkan bahasa Arab. Pop-Up Book menjadi media yang dapat membantu peserta didik dalam mempermudah mempelajari bahasa Arab dan menjadi salah satu media yang lebih disukai oleh peserta didik karena proses pembelajaran jadi lebih menyenangkan dan materi yang disampaikan mudah diterima. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media Pop-Up Book dalam pembelajaran mufradāt di MTs Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto Utara serta kekurangan dan kelebihan penggunaan media Pop-Up Book dalam pembelajaran mufradāt di MTs Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif model interaktif Miles Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini adalah (1) Penggunaan media Pop-Up Book yaitu (a) Perencanaan penggunaan media Pop-Up Book (b) Proses penggunaan media Pop-Up Book (2) Kelebihan penggunaan media Pop-Up Book adalah dapat memberikan visualisasi cerita yang menarik, memancing minat peseta didik dan memancing rasa ingin tahunya. Selain itu, Pop-Up Book berpotensi meningkatkan kesan dan daya ingat peserta didik. Fakta bahwa pembuatan media Pop-Up Book membutuhkan biaya yang cukup besar dan waktu yang cukup lama merupakan salah satu kelemahan dari media ini. Kelemahan lainnya adalah biasanya waktu pengajarannya cenderung lebih lama, karena memerlukan ketelitian dan persiapan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Pembelajaran Mufradāt, Pop-Up Book
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Arini Khawasalngilmi sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:01
Last Modified: 11 Jul 2024 03:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25500

Actions (login required)

View Item View Item