ANALISIS BUTIR SOAL SUMATIF TENGAH SEMESTER (STS) MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs MA'ARIF NU 1 PATIKRAJA BANYUMAS

Siti, Nurlaeli (2024) ANALISIS BUTIR SOAL SUMATIF TENGAH SEMESTER (STS) MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs MA'ARIF NU 1 PATIKRAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Nurlaeli_Analisis Butir Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Ma'arif NU 1 Patikraja Banyumas.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Dalam Pendidikan diperlukan evaluasi untuk acuan keberhasilan yang telah dicapai dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk evaluasi pembelajaran yaitu analisis butir soal yang dilakukan untuk mengetahui kualitas suatu soal yang digunakan dalam evaluasi. Soal tes yang yang berkualitas yaitu soal yang dapat memberikan informasi yang tepat tentang hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas 20 butir soal pilihan ganda Sumatif Tengah Semester (STS) mata pelajaran bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 1 Patikraja Banyumas yang ditinjau berdasarkan tingkat kesukaran, daya pembeda, dan fungsi pengecoh. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data utama dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program ANATES versi 4.09. Subjek dalam penelitian adalah 129 peserta didik kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Patikraja Banyumas tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kualitas butir soal berdasarkan tingkat kesukaran terdapat 1 butir soal (5%) kategori sangat sukar, 6 butir soal (30%) kategori sukar, 11 butir soal (55%) kategori sedang, dan 2 butir soal (10%) kategori sangat mudah; (2) Kualitas butir soal berdasarkan daya pembeda terdapat 4 butir soal (20%) baik, 10 butir soal (50%) cukup, 5 butir soal (25%) poor atau jelek, dan 1 butir soal (5%) bernilai negatif; (3) Kualitas butir soal berdasarkan fungsi pengecoh terdapat 19 butir soal (90%) berkualitas sangat baik dan 1 butir soal (5%) berkualitas kurang baik. Kualitas butir soal secara keseluruhan diperoleh 4 (20%) diterima, 14 (70%) direvisi, dan 2 (10%) ditolak. Untuk soal yang paling banyak ditemukan adalah soal yang direvisi, itu artinya evaluasi pembelajaran bahasa Arab harus ditinjau ulang agar lebih baik, terutama dalam pembuatan butir soal yang akan diujikan. Kata kunci : Evaluasi, Analisis Butir Soal, Anates Versi 4.09

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Analisis Butir Soal, Anates Versi 4.09
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Nurlaeli sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:19
Last Modified: 11 Jul 2024 07:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25493

Actions (login required)

View Item View Item