Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 1 Gununggiana Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara

Atiqotuz, Zulfatus Sa'adah (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 1 Gununggiana Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. Skripsi thesis, UIN. Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Atiqotuz Zulfatus S_Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 1 Gununggiana Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di SD Negeri 1 Gununggiana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan metode yang dikembangkan oleh Milles and Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di SD Negeri 1 Gununggiana ada 1) perencanaan projek, dengan membuat tim koordinasi, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, menentukan dimensi, tema dan alokasi waktu, menyusun modul projek, dan merancang strategi pelaporan hasil. 2) pelaksanaan kegiatan projek, di awali dengan tahap persiapan seperti koordinasi dengan kepala sekolah, rapat persiapan kegiatan projek, sosialisasi kegiatan dengan wali murid, dan persiapan instrumen yang akan digunakan. Pelaksanaan kegiatan P5 diluar kelas dilakukan dengan pembiasaan sholat duha berjamaah setiap hari sabtu pagi, kemudian pada tahap pelaksanaan dikelas I dan IV diawali dengan penjelasan dan pengenalan konsep projek yang akan dibuat, membimbing peserta didik dalam perencanaan projek, aksi nyata pembuatan projek, dan refleksi kegiatan. 3) Evaluasi projek dilakukan dengan menggunakan catatan hasil pengamatan selama projek berlangsung, portofolio peserta didik dan rubrik pengembangan peserta didik. Keterbatasan penelitian meliputi keterbatasan data penelitian terkait kegiatan P5 pada pelaksanaan pembiasaan sholat duha berjamaah, serta keterbatasan waktu, tenaga, dan kemampuan peneliti. Kata Kunci: Implementasi, Projek, Pancasila

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Projek, Pancasila
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Atiqotuz Zulfatus Sa'adah sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:00
Last Modified: 11 Jul 2024 02:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25492

Actions (login required)

View Item View Item