PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI SAMPANG 01 CILACAP

Fitri, Eka Purindarti (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI SAMPANG 01 CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FITRI EKA PURINDARTI-PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI SAMPANG 01 CILACAP.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Sampang 01. Peneliti memilih model project based learning terintegrasi STEM untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model project based learning terintegrasi STEM terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 63 siswa, dengan sampel sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. berdasarkan hasil uji t terhadap posttest diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,022 ˂ α = (0,05), menunjukkan bahwa H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara model project based learning terintegrasi STEM terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Project Based Learning Terintegrasi STEM
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FITRI EKA PURINDARTI sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:50
Last Modified: 11 Jul 2024 01:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25491

Actions (login required)

View Item View Item