IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE YANBU’A PADA SISWA KELAS IV-VI DI MI MA’ARIF NU 02 KALIWEDI KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

ZAENI GILANG, DARMAWAN (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE YANBU’A PADA SISWA KELAS IV-VI DI MI MA’ARIF NU 02 KALIWEDI KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZAENI GILANG DARMAWAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Implementasi merupakan bagaimana sebuah konsep bisa diterapkan dalam sebuah aktivitas. Begitupun dengan sebuah implementasi sebuah metode dalam pembelajaran Al-Qur’an di MI Ma’arif NU 02 Kaliwedi. Penelitian ini mencoba membedah bagaimana implementasi metode Yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an yang terdapat dalam sekolah tersebut. Khasanah kajian Al-Qur’an dan pembelajaran Al-Qur’an di Indonesia sangat banyak, dibuktikan dengan munculnya banyak metode pembelajaran Al-Qur’an di Indonesia, seperti metode Qira’ati, Baghdadi, dan metode Yanbu’a. Penelitian ini membedah bagaimana implementasi metode Yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an dan bagaimana karakteristik pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan atau field research merupakan sebuah penelitian yang sumber informasi dan sumber data terfokus dalam lapangan. Penelitian ini menggunakan beberapa metode pencarian data seperti dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teori analisis data milik Milles dan Huberman yang mengacu kepada tiga proses analisis yaitu reduksi data, pemaparan data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain, implementasi metode Yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an di MI Ma’arif NU 02 Kaliwedi dijelaskan dalam beberapa tahap penerapan, diantaranya adalah membaca tawasul dan membaca doa, membaca surat pendek, pembelajaran Yanbu’a secara Bersama, Musyafahah dan Muraja’ah Yanbu’a, menulis Yanbu’a dan doa penutup. Adapun karakteristik yang penulis temukan adalah moving class. pembelajaran Al-Qur’an yang komperehensif, penanaman nilai Al-Qur’an dan mengkolaborasikan metode pembelajaran Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Yanbu’a
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Zaeni Gilang Darmawan
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:20
Last Modified: 11 Jul 2024 03:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25489

Actions (login required)

View Item View Item