PENGARUH HAFALAN AL-QUR'AN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEYAKINAN MATEMATIKA SISWA SMP TAKHASUS AL-QUR'AN

Dini Novia, Rahmadhani (2024) PENGARUH HAFALAN AL-QUR'AN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEYAKINAN MATEMATIKA SISWA SMP TAKHASUS AL-QUR'AN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Dini Novia Rahmadhani_PENGARUH HAFALAN AL-QUR'AN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEYAKINAN MATEMATIKA SISWA SMP TAKHASUS AL-QUR'AN.docx.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap pemahaman konsep matematika dan keyakinan matematika siswa SMP Takhasus Al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif berupa survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Takhasus Al-Qur’an yang mengikuti program hafalan Al-Qur’an atau bisa disebut dengan program tahfidz dengan masing-masing jenjang kelas memiliki jumlah yang berbeda; 23 siswa kelas VII, 34 siswa kelas VIII, dan 13 siswa kelas IX. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah proportioate stratified random sampling yang menghasilkan 20 siswa kelas VII, 29 siswa kelas VIII, dan 11 siswa kelas IX. Adapun pengumpulan data melalui tes lisan hafalan Al-Qur’an, tes pemahaman konsep matematika siswa, dan angket keyakinan matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah persamaan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini berdasarkan nilai F_{hitung}=4,981>F_{tabel}=4,01 dan diperoleh persamaan regresi {\ \hat{Y}}_1=54,617+0,655\ X serta besaran pengaruhnya adalah sebesar 7,9%, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima. 2) Terdapat pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap keyakinan matematika siswa. Hal ini berdasarkan nilai F_{hitung}=6,081>F_{tabel}=4,01 dan diperoleh persamaan regresi {\ \hat{Y}}_2=68,032+0,340\ X serta besaran pengaruhnya adalah sebesar 9,5%, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hafalan Al-Qur’an, Keyakinan Matematika, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dini Novia Rahmadhani sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:52
Last Modified: 11 Jul 2024 02:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25482

Actions (login required)

View Item View Item