Pengembangan Media Pembelajaran Digital dengan Pendekatan Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Purwokerto

Tisa Khusnia, Firdhaosi (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Digital dengan Pendekatan Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tisa Khusnia Firdhaosi_Pengembangan Media Pembelajaran Digital dengan Pendekatan Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Purwokerto.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi siswa, ketika siswa dapat mengaitkan materi matematika dengan berbagai hal yang akan memudahkan siswa dalam memecahkan berbagai permasalahan matematika. Dengan menggunakan media pembelajaran digital dapat menyajikan sebuah materi dengan menarik dan interaktif baik berupa audio maupun visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital dengan pendekatan etnomatematika yang valid serta efektif dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi garis dan sudut kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran digital dengan pendekatan etnomatematika valid dan efektif dalam meingkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi dan kontek etnomatematika sebesar 93% dengan kategori sangat valid, ahli media memperoleh sebesar 80% dengan kategori valid, guru memperoleh sebesar 91,6% dengan kategori sangat valid, uji coba kelompok kecil sebesar 80,5%, dan kelas eksperimen sebsar 84,7%. Tafsiran N-Gain pada kelas eksperimen yaitu efektif dengan presentase sebesar 83,4%. Dengan melihat hasil uji-t yakni Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan media pembelajaran digital lebih dari siswa yang menggunakan pembelajaran kovensiona, ditunjukkan dengan skor rata-rata N-Gain kelas eksperimen (83,4%) > kelas kontrol (0,47%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Digital, Koneksi Matematis, Etnomatematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Tisa Khusnia Firdhaosi sdri
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:43
Last Modified: 11 Jul 2024 02:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25442

Actions (login required)

View Item View Item