Eksistensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sentra Tahu dalam Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kalikabong Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga

Desi, Ananda (2024) Eksistensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sentra Tahu dalam Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kalikabong Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Desi Ananda_fix.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah sektor ekonomi nasional yang strategis dan menyangkut kebutuhan hidup orang banyak, sehingga dengan kata lain ia menjadi tulang punggung dari perekonomian nasional. Seperti halnya masyarakat di desa Kaliabong, kecamatan Kalimanah, Kabupaten purbalingga yang menjadikan UMKM sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kesejahteraan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai eksistensi usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kalikabong Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya UMKM sentra tahu ini kesejahteraan Masyarakat desa Kalikabong dapat meningkat sesuai dengan indikator kesejahteraan seperti pertama pendidikan yakni yang dulunya pendidikan tergolong rendah kini mengalami peningkatan, kedua kesehatan yang dulunya ambai akan kesehatan sekarang lebih peduli dan seringkali berobat ke rumas sakit menggunakan BPJS, ketiga pendapatan/gaji mengalami peningkatan dikarenakan UMKM ini membuka lapangan pekerjaan sehingga tidak hanya pendapatan dari pemilik usaha namun juga pendapatan dari karyawan yang bekerja, keempat kepemilikan rumah dan fasilitas Meskipun demikian, masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang tahu umumnya sudah memiliki tempat tinggal atau rumah sendiri. Namun, dari segi fasilitas, hasi dari usaha tersebut cukup membatu dalam memenuhi berbagai kebutuhan tambahan lainnya, kelima serta taraf hidup dan pola konsumsi mengalami peningkatan yang signifikan sehingga mereka lebih bisa mengalokasikan dana lebih dari peningkatan pendapatan untuk pola konsumsi lebih beragam dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik untuk tubuh, semua indikator terpenuhi oleh para pelaku UMKM sentra tahu dan berdampak baik bagi masyarakat namun dampaknya belum maksimal terhadap kesejahteraan masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi,UMkM, Kesejahteraan, Masyarakat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sdri Desi Ananda
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:50
Last Modified: 10 Jul 2024 07:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25435

Actions (login required)

View Item View Item