Maulida, Nur Setiyaningsih (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI PELUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MTs KELAS VIII REGULER. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
MAULIDA NUR SETIYANINGSIH_Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Berbasis Etnomatematika pada Materi Peluang untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTs Kelas VIII Reguler.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemahaman matematis adalah salah satu kemampuan matematis yang penting untuk dikuasai dan dikembangkan oleh peserta didik. Penguasaan yang baik terhadap kemampuan ini dapat menunjang pengembangan kemampuan matematis tingkat lanjut. Kemampuan pemahaman matematis siswa di MTs Ma’arif NU 2 Cilongok masih rendah, karena pembelajaran menggunakan metode ceramah berbantuan buku paket dan LKS (Lembar Kerja Siswa). Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran digital berbasis etnomatematika yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa MTs kelas VIII reguler. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran digital berbasis etnomatematika dinyatakan valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Hasil persentase validasi ahli materi dan konteks etnomatematika sebesar 80%, ahli media sebesar 80%, guru sebesar 90%, uji coba kelompok kecil sebesar 71,95%, dan uji lapangan sebesar 78,80% menunjukkan kriteria valid dan layak digunakan. Selanjutnya, dilakukan uji-t dua sampel bebas yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai signifikansi sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050. Efektivitas modul pembelajaran digital berbasis etnomatematika pada materi peluang ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas eksperimen yakni rata-rata skor N-Gain sebesar 0,800 dengan kategori “Tinggi” lebih tinggi dari kelas kontrol dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,310 dengan kategori “Sedang”. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran digital berbasis etnomatematika pada materi peluang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa MTs kelas VIII reguler.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Pembelajaran, Digital, Etnomatematika, Kemampuan Pemahaman Matematis |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | MAULIDA NUR SETIYANINGSIH sdri |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 02:30 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:30 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25424 |
Actions (login required)
View Item |