EVEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU VIDEO MOTION GRAPHIC TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VII MTs AL-ITTIHAD MA'ARIF NU 1 PURWOKERTO BARAT

Anton, Hidayat (2024) EVEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU VIDEO MOTION GRAPHIC TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VII MTs AL-ITTIHAD MA'ARIF NU 1 PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saofuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Anton Hidayat_Evektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Video Motion Graphic Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VII MTs Al-Ittihad.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning berbantu video motion graphics terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII MTs Al-Ittihad Ma’rif NU 1 Purwokerto Barat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ittihad Ma’arif NU 1 Purwokerto yang berjumlah 168 siswa. Sedangkan Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling yang menghasilkan sampel kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Adapun pengumpulan data melalui pretest dan posttest kemampuan kognitif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu N-Gain, uji-t, dan effect size. Hasil analisis data digunakan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning berbantu video motion graphics terhadap kemampuan kognitif pada siswa kelas VII di MTs Al-Ittihad Ma’arif NU 1 Purwokerto Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil rata-rata uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,68 yang artinya cukup efektif sedangkan rata-rata N-Gain kelas kontrol sebesar 0,33 yang berarti tidak efektif. Kemudian hasil uji-t memperoleh hasil 0,000<0,05 yang berarti model pembelajaran Problem Based Bearning berbantu video motion graphics memiliki keefektifan yang cukup signifikan terhadap peningkatan kemampuan kognitif. Yang terakhir hasil uji effect size memperoleh hasil 2,74 yang berarti model pembelajaran Problem Based Learning berbantu video motion graphics efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Dari uraian data tersebut, membuktikan bahwa terdapat efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning berbantu video motion graphics terhadap kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kognitif, Problem Based Learning, Video Motion Graphics
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Anton Hidayat sdr
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:05
Last Modified: 10 Jul 2024 03:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25410

Actions (login required)

View Item View Item