PERAN PARENTING ISLAM DALAM MENGURANGI KEBIASAAN BERMAIN GADGET STUDI KONSELING KELUARGA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Rizka, Hikmah (2024) PERAN PARENTING ISLAM DALAM MENGURANGI KEBIASAAN BERMAIN GADGET STUDI KONSELING KELUARGA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Rizka Hikmah Nur Asyifa_Peran Parenting Islam Dalam Mengurangi Kebiasaan Bermain Gadget Studi Konseling Keluarga Pada Anak Usia Sekolah Dasar.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kehadiran gadget telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan modern, termasuk dalam kehidupan anak usai sekolah dasar. Kebiasaan bermain gadget memberikan dampak negatif pada perkembangan anak. Oleh karena itu, peran parenting Islam menjadi penting dalam mengurangi kebiasaan bermain gadget pada anak usia sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran parenting Islam dalam mengurangi kebiasaan bermain gadget pada anak usia sekolah dasar di Desa Mersi Kecamatan Purwokerto Timur. Studi dilakukan melalui pendekatan konseling keluarga untuk memahami cara-cara orang tua dalam menerapkan nilai-nilai Islam dalam mendisiplinkan anak terkait penggunaan gadget. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Subjek penelitian ini adalah 7 pasang orang tua dan anak sekolah dasar memiliki kebiasaan bermain gadget dengan usia 8-11 tahun yang tinggal di Desa Mersi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode parenting Islam yang efektif dan sering digunakan orang tua di Desa Mersi adalah metode kebiasaan, nasihat dan hukuman. Faktor yang mempengaruhi orang tua lebih efektif menggunakan metode nasihat dan hukuman adalah pemahaman orang tua tentang nilai-nilai Islam, konsisten, komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, dan keterlibatan aktif orang tua dalam kehidupan anak. Parenting Islam dapat efektif dalam mengurangi kebiasaan bermain gadget pada anak jika dilakukan dengan memberikan pendekatan yang sesuai dengan ajaran agama dan nilai-nilai Islam. Seperti membiasakan anak dengan kegiatan-kegiatan positif, memberikan perhatian dan kasih sayang, memberikan arahan dan pemahaman mengenai penggunaan gadget yang bijak, serta memberikan konsekuensi yang tepat jika aturan dilanggar. Kemudian pada pelaksanaan konseling keluarga menggunakan pendekatan konseling berfokus solusi memberikan peningkatan dan pemahaman orang tua tentang pentingnya parenting Islam dalam mengurangi kebiasaan bermain gadget anak. Selain itu, orang tua menjadi lebih terbuka dan siap menerapkan metode�metode parenting Islam dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat membentuk karakter anak yang sehat dan mengurangi dampak negatif dari kebiasaan bermain gadget secara berlebihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Parenting Islam, konseling keluarga, penggunaan gadget
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rizka Hikmah Nur Asyifa
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:40
Last Modified: 10 Jul 2024 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25401

Actions (login required)

View Item View Item