MANAJEMEN PERENCANAAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMA ISLAM ANDALUSIA KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

AFRI, DAMAYANTI (2024) MANAJEMEN PERENCANAAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMA ISLAM ANDALUSIA KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Afri Damayanti.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI Afri Damayanti.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen perencanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan di SMA Islam Andalusia Kebasen sebagai berikut: pertama dalam perencanaan kurikulum sekolah melakukan rapat yang dilakukan setiap awal tahun ajaran baru, kedua perencanaan kurikulum SMA Islam Andalusia Kebasen membahas mengenai muatan kurikulum dan struktur kurikulum yaitu berkaitan dengan materi apa saja yang akan disampaikan dalam mata pelajaran dan berkaitan tentang pembagian jam atau alokasi waktu, ketiga perencanaan kurikulum SMA Islam Andalusia Kebasen dalam meningkatkan mutu lulusan memiliki prinsip, fungsi, dan langkah-langkah yang dilaksanakan dalam perencanaan kurikulum, keempat adanya faktor penghambat dan faktor pendukung dalam perencanaan kurikulum, kelima evaluasi kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan dilakukan setiap akhir semester, evaluasi dilakukan terhadap materi, strategi, penilaian baik dalam kegiatan maupun dalam pembelajaran. Kata Kunci: Perencanaan Kurikulum, Mutu Lulusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Kurikulum, Mutu Lulusan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Afri Damayanti sdri
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:37
Last Modified: 12 Jul 2024 06:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25400

Actions (login required)

View Item View Item