MANAJEMEN KURIKULUM BERDAYA SAING PADA PAUD AL-BANNA KARANGTURI SUMBANG BANYUMAS

HILDA GITA, ANNISA (2024) MANAJEMEN KURIKULUM BERDAYA SAING PADA PAUD AL-BANNA KARANGTURI SUMBANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
HILDA GITA ANNISA_MANAJEMEN KURIKULUM BERDAYA SAING PAPA PAUD AL-BANNA KARANGTURI, SUMBANG.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor utama menjadikan manusia sebagai insan yang berkualitas dan inovatif. Karena manusia dituntut untuk selalu melakukan inovasi dan pembaharuan serta memiliki pengetahuan, daya cipta dan keterampilan hidup yang lebih baik. Dalam bidang pendidikan, peranan manajemen sangat penting dalam menentukan kualitas sebuah lembaga pendidikan terutama manajemen kurikulum. Manajemen kurikulum adalah kegiatan pengaturan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi agar program pendidikan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dari latar belakang di atas penulis merumuskan judul “Manajemen Kurikulum Berdaya Saing Pada PAUD Al-Banna Karangturi Sumbang” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kurikulum berdaya saing pada PAUD Al-Banna Karangturi Sumbang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, karena kegiatan di dasarkan pada data-data yang dikumpulkan dari lapangan seacara langsung di PAUD Al-Banna Karangturi Sumbang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa PAUD Al-Banna Karangturi Sumbang telah melaksanakan manajemen kurikulum berdaya saing dengan cukup baik yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan kurikulum melalui beberapa tahap yaitu perencanaan tahunan, semester, mingguan dan harian. Dalam merencanakan suatu kurikulum untuk anak, seorang guru harus memilih tujuan, memiliki pengalaman belajar dan dapat mengembangkan isi kurikulum. Pengorganisasian yang dilakukan yaitu pengorganisasian kelas yang diatur sedemikian rupa, dibuat nyaman dan semenarik mungkin supaya anak tidak merasa bosan. Ruang belajar tidak harus selalu di kelas, kegiatan dapat dilakukan juga dihalaman. Dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, setiap guru melaksanakanya berdasarkan perencanaan yang sudah ditetapkan. Dengan begitu, proses belajar mengajar akan terlaksana dengan baik. Evaluasi kurikulum dengan cara guru mengacu pada kemampuan yang hendak di capai dalam suatu kegiatan yang direncanakan dalam tahap waktu tertentu. Penilaian dilakukan guru pada saat kegiatan belajar berlangsung dengan cara mengamati anak, membuat catatan kecil dan pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: HILDA GITA ANNISA sdri
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:51
Last Modified: 09 Jul 2024 06:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25386

Actions (login required)

View Item View Item