PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN PADA SISWA KELAS X SMK TI BINA CITRA INFORMATIKA PURWOKERTO

MELI, URIFATHUL AFIAH (2024) PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN PADA SISWA KELAS X SMK TI BINA CITRA INFORMATIKA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MELI URIFATHUL A_ PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BTA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan media digital dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas X SMK TI Bina Citra Informatika Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil temuan penelitian menunjukan bahwa pembelajaran baca tulis Al-Qur'an dilakukan sebelum mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Media digital yang digunakan meliputi Al-Qur'an digital, presentasi PowerPoint, dan video pembelajaran. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukan faktor pendukung proses pembelajaran berupa motivasi yang dimiliki guru dan siswa serta dukungan dari pihak sekolah. Selanjutnya untuk faktor penghambatnya berupa faktor teknis, seperti gangguan listrik atau kualitas sinyal internet yang buruk serta alokasi waktu yang terbatas. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan meskipun waktu terbatas, pembelajaran BTA berjalan lancar dan efektif dengan manajemen waktu yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Baca Tulis Al-Qur’an, Media digital.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MELI URIFATHUL AFIAH sdri
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:09
Last Modified: 09 Jul 2024 03:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25366

Actions (login required)

View Item View Item