Analisis Praktik Tajdid Al-Aqd Ijarah Multi Jasa Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi di KSPPS BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto Tahun 2023-2024)

Maulana, Afnandito (2024) Analisis Praktik Tajdid Al-Aqd Ijarah Multi Jasa Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi di KSPPS BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto Tahun 2023-2024). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Maulana Afnandito_ANALISIS PRAKTIK TAJDID AL-'AQD IJARAH MULTI JASA PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di KSPPS BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto Tahun 2023-2024).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

KSPPS BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto adalah salah satu lembaga keuangan mikro syariah dan juga bertindak sebagai perantara.Salah satu akad yang digunakan pada KSPPS BMT Dana Mentari Muhammadiyah untuk pembiayaan adalah ijarah multi jasa. Pada prakteknya terdapat adanya tajdid al aqd pembahruan akad baru dari akad ijarah multi jasa menjadi akad yang sama. Menurut KHES dan Fatwa DSN MUI terdapat syarat syarat yang harus dipenuhi agar pembaharuan akad tajdid al aqd tersebut menjadi sah. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis ialah penelitian lapangan (field research). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik tajdid al aqd pada akad ijarah multi jasa dan untuk mengetahui keabsahan akad yang dipandang dari perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan yuridis normatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan data observasi, wawancara dan dokunentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan metode yang digunakan adalah menggunakan metode deduktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi praktik tajdid al aqd antara ijarah multi jasa dengan akad yang sama di KSPPS BMT Dana Mentari Purwokerto. Tajdid al aqd tersebut didasari oleh anggota yang tidak bisa membayar angsuran ijarah multi jasa kepada pihak KSPPS BMT Dana Menteri. Anggota tersebut mengalami macet selama beberapa bulan dikarenakan penurunan kemampuan membayar ansguran, oleh sebab itu pihak KSPPS BMT Dana Mentari Purwokerto melakukan kontrak baru kepada anggota dengan akad yang sama namun dengan angsuran yang lebih kecil dan diperpanjang jatuh tempo pembayaranya. Disisi lain tajdid al aqd ijarah multi jasa, rukun dan syarat syarat sudah sesuai dengan KHES dan Fatwa DSN MUI No.09/DSN-MUI/IV/2000. Hal tersbut didasari agar terjadi kemaslahatan antara kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah, Tajdid Al-Aqd, Ijarah Multi Jasa, KSPPS BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: MAULANA AFNANDITO sdr
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:25
Last Modified: 10 Jul 2024 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25340

Actions (login required)

View Item View Item