IMPLEMENTASI ASESMEN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PAI BP DI SMP NEGERI 3 PUNGGELAN

Atika, Sofiana (2024) IMPLEMENTASI ASESMEN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PAI BP DI SMP NEGERI 3 PUNGGELAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Atika Sofiana_Implementasi Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PAI BP di SMP Negeri 3 Punggelan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2020 Indonesia mulai menerapkan kurikulum baru yang disebut sebagai kurikulum merdeka. Kurikulum ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan peserta didik, mulai dari proses pembelajaran sampai proses evaluasi atau asesmen. Pembelajaran PAI BP yang mempunyai beragam jenis materi dirasa perlu menerapkan pembelajaran dan asesmen yang sesuai. Oleh karena itu diperlukan proses asesmen yang juga dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dan mengetahui perkembangan mereka.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi asesmen pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran PAI BP di SMP Negeri 3 Punggelan serta kendala dan usaha dalam melaksanakan asesmen tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknis analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa asesmen pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran PAI BP di SMP Negeri 3 Punggelan dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik, yang meliputi kesiapan belajar, ketertarikan dan profil belajar siswa. Pelaksanaannya dilakukan dengan tiga jenis : 1) Asesmen diagnostik, dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi awal peserta didik sebelum memulai pembelajaran. 2) Asesmen formatif, dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. 3) Asesmen sumatif, dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam memenuhi capaian pembelajaran selama waktu tertentu. Proses pengolahan dan pelaporan hasil asesmen dilakukan dengan beberapa cara sesuai dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik. Dalam melaksanakan asesmen pembelajaran berdiferensiasi tentu saja terjadi kendala yang dihadapi oleh pihak sekolah yang kemudian diatasi dengan melakukan beberapa usaha seperti memaksimalkan platform merdeka mengajar dan melakukan in house trining.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi, asesmen pembelajaran berdiferensiasi, kurikulum merdeka, pembelajaran PAI BP
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ATIKA SOFIANA sdri
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:50
Last Modified: 09 Jul 2024 06:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25327

Actions (login required)

View Item View Item