MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DI TK TUNAS BANGSA ADIREJAKULON KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP

Sulamiah, Sulamiah (2024) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DI TK TUNAS BANGSA ADIREJAKULON KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sulamiah_Manajemen Kurikulum Merdeka di TK Tunas Bangsa Adirejakulon Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu jenjang pendidikan yang diharapkan untuk mampu mensukseskan implementasi kurikulum Merdeka yaitu Pendidikan Anak Usia Dini atau Taman Kanak-kanak. Kurikulum Merdeka di jenjang Taman Kanak-kanak memiliki arti “Merdeka bermain”. Salah satu TK yang sudah menerapkan kurikulum merdeka yaitu TK Tunas Bangsa Adirejakulon Cilacap. Berawal dari tuntutan pemerintah untuk menerapkan kurikulum merdeka, adanya kesadaran dari kepala TK dan guru untuk adanya perbaikan pasca pandemi, dan keinginan kuat untuk memulai sebuah perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum merdeka di TK Tunas Bangsa Adirejakulon Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dihasilkan dari proses analisis melalui metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum Merdeka di TK Tunas Bangsa Adirejakulon dinilai berhasil. Hal ini dapat dilihat dari kesesuaian pada empat indikator pembelajaran yaitu, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian. Selain hal tersebut, keberhasilan manajemen kurikulum merdeka juga didukung oleh kuatnya komitmen guru, kerjasama, dan dukungan wali murid serta masyarakat dalam melaksanakan kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemendikbudristek; Manajemen kurikulum; Kurikulum Merdeka; Taman Kanak-kanak.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sulamiah Sulamiah sdri
Date Deposited: 09 Jul 2024 01:57
Last Modified: 09 Jul 2024 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25323

Actions (login required)

View Item View Item