PESAN AKHLAK MELALUI KOMIK : ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE AKUN INSTAGRAM @muslimshowindonesia

Aprillia Rachmawati, Atmaji (2024) PESAN AKHLAK MELALUI KOMIK : ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE AKUN INSTAGRAM @muslimshowindonesia. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aprillia Rachmawati Atmaji_PESAN AKHLAK MELALUI KOMIK ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE AKUN INSTAGRAM muslimshowindonesia.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dakwah sebagai sarana komunikasi penyampaian nilai akhlak menjadi dasar membangun kepribadian seorang muslim untuk mencapai akhlak yang mulia. Dakwah di zaman modern mengalami penyesuaian dengan kondisi masyarakat modern mulai dari materi, metode dan media yang digunakan. Media sosial sebagai sarana penyampaian pesan akhlak mempunyai relevansi yang penting dalam konteks masyarakat modern saat ini. Salah satu akun media sosial pada akun instagram @muslimshowindonesia aktif menyebarkan konten dakwah melalui komik yang dikemas menarik dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap isi pesan akhlak yang disampaikan melalui komik di akun @muslimshowindonesia dalam media sosial Instagram, analisis difokuskan pada konten komik yang diposting di akun Instagram @muslimshowindonesia selama 1 (satu) tahun, yaitu mulai tanggal 2 Februari 2023 sampai dengan tanggal 21 Februari 2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mengambil sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan pada metode analisis data memakai analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Berdasarkan hasil dari penelitian dinyatakan adanya materi pesan akhlak dalam komik yang diunggah oleh akun Instagram @muslimshowindonesia, yakni pesan akhlak mahmudah terhadap diri sendiri dan masyarakat, serta akhlak mazmumah dengan Allah Azza Wa Jalla, terhadap diri sendiri, orang lain dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesan Akhlak, Komik, Instagram, Muslimshowindonesia
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aprillia Rachmawati Atmaji sdri
Date Deposited: 09 Jul 2024 01:49
Last Modified: 09 Jul 2024 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25310

Actions (login required)

View Item View Item