IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BACA TULIS DI MI AL-HIKMAH 01 KAWUNGANTEN

LINATUL, MASKUROH (2024) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BACA TULIS DI MI AL-HIKMAH 01 KAWUNGANTEN. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
LINATUL MASKUROH ACC FIX.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang diperoleh melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi gerakan literasi sekolah untuk mengembangkan kemampuan baca tulis di MI Al-Hikmah 01 Kawunganten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi gerakan literasi sekolah untuk mengembangkan kemampuan baca tulis di MI Al-Hikmah 01 Kawunganten dilakukan melalui tahapan-tahapan yang terdiri dari 3 tahap yaitu : tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Tahap pembiasaan melalui kegiatan rutin membaca Al-Qur’an dan shalat dhuha berjamaah. Kegiatan pengembangan melalui kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, dan tahap pembelajarannya dengan memanfaatkan pojok baca, majalah dinding, dan perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi gerakan literasi sekolah untuk mengembangkan kemampuan baca tulis di MI Al-Hikmah 01 sudah dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dibuktikan dengan adanya kebiasaan peserta didik dalam kegiatan baca tulis Al Qur’an, buku pelajaran, dan non pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LINATUL MASKUROH sdri
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:04
Last Modified: 09 Jul 2024 01:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25295

Actions (login required)

View Item View Item