LAYANAN BIMBINGAN KONSELING UNTUK MEMBERIKAN ORIENTASI KARIR SISWA DALAM MEMPERSIAPKAN DUNIA KERJA (Siswa Kelas XII SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto)

Nur, Ihsan (2024) LAYANAN BIMBINGAN KONSELING UNTUK MEMBERIKAN ORIENTASI KARIR SISWA DALAM MEMPERSIAPKAN DUNIA KERJA (Siswa Kelas XII SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nur Ihsan_Layanan Bimbingan Konseling untuk Memberikan Orientasi Karir Siswa dalam Mempersiapkan Dunia Kerja (Siswa Kelas XII SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu pengajar yang berkontribusi memberikan dukungan dalam mencetak siswa-siswi supaya memiliki kualitas sehingga mereka siap terjun di dunia kerja adalah guru BK. Sesuai dengan kode etik ABKIN yang menjelaskan tanggung jawab guru BK terhadap konseli, diantaranya yaitu membantu pengembangan potensi konseli. Pengembangan potensi konseli khususnya dalam rangka mempersiapkan dunia kerja dapat dilakukan melalui layanan orientasi karir. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui gambaran dan manfaat layanan bimbingan konseling untuk memberikan orientasi karir dalam mempersiapkan dunia kerja siswa kelas XII SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbentuk deskriptif, menggunakan jenis penelitian field reseach. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua Guru BK dan dua belas siswa. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, juga dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk layanan bimbingan konseling orientasi karir yang diberikan meliputi pemberian informasi tentang dunia kerja, baik pada saat pelajaran oleh guru BK atau guru mata pelajaran, pemberitahuan lowongan pekerjaan, dan pemberian informasi dan motivasi tentang dunia kerja oleh para guru pada saat apel pagi, atau upacara. Manfaat yang dirasakan siswa setelah diberi layanan bimbingan konseling orientasi karir, diantaranya menambah pengetahuan tentang pekerjaan yang nantinya akan menjadi pilihan untuk bekerja dan berkarir, membuat individu paham akan minat karir yang sesuai dengan kemampuan individunya, dan subjek jadi tahu akan potensi yang dimiliki oleh pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Konseling, Orientasi Karir, Persiapan Dunia Kerja
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: NUR IHSAN sdr
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:12
Last Modified: 08 Jul 2024 03:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25294

Actions (login required)

View Item View Item