MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIR MULTIPLE INTELLIGENCE DI TK IT ANNIDA SOKARAJA BANYUMAS JAWA TENGAH

Laeli Amalia, Nurfauziah (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIR MULTIPLE INTELLIGENCE DI TK IT ANNIDA SOKARAJA BANYUMAS JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Laeli Amalia Nurfauziah_Manajemen pembelajaran berbasis multiple Intelligence di TK IT Annida Sokaraja Banyumas Jawa Tengah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran berbasis Multiple Intelligence di TK IT An Nida Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adanya beberapa pembelajaran yang sulit dimengerti oleh anak-anak TK. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang bagaimana penerapan konsep Multiple Intelligence dapat membantu mengatasi kesulitan tersebut dan meningkatkan efektivitas pembelajaran di tingkat pendidikan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah dan tenaga pendidik di TK IT An Nida. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, yang melibatkan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 23 September 2023 hingga 23 November 2023, dengan fokus pada proses dan hasil penerapan pembelajaran berbasis Multiple Intelligence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK IT An Nida telah menerapkan manajemen pembelajaran berbasis Multiple Intelligence dengan baik. Proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan koordinasi yang matang. Persiapan pembelajaran mencakup penyusunan prosedur dan modul yang sesuai dengan konsep Multiple Intelligence. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan berbagai metode yang mendukung berbagai jenis kecerdasan anak, sedangkan evaluasi dilakukan secara berkala untuk memastikan efektivitas program pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan Multiple Intelligence dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterlibatan anak-anak dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Manajemen pembelajaran, Multiple Intelligence,TK IT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Manajemen pembelajaran, Multiple Intelligence,TK IT.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Laeli Amalia Nurfauziah sdri
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:42
Last Modified: 06 Jul 2024 01:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25279

Actions (login required)

View Item View Item