PEMBENTUKAN AKHLAK MULIA SISWA MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 1 LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS

AULIA, RIFANI FAIZ (2024) PEMBENTUKAN AKHLAK MULIA SISWA MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 1 LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AULIA RIFANI FAIZ_PEMBENTUKAN AKHLAK MULIA SISWA MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 1 LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses pembentukan akhlak siswa melalui projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 1 Lumbir Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode lapangan yang deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 1 Lumbir Kabupaten Banyumas. Dengan subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru BK, Guru penanggung jawab P5, Siswi Kelas VII. Adapun hasil penelitiannya adalah adanya proses pembentukan akhlak siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Lumbir. Proses pembentukan akhlak siswa yaitu melalui tema projek yang terdapat dalam P5. Kelas 7 terdapat tiga tema yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan, Bangunlah Jiwa Raganya, dan Kearifan Lokal. Setiap tema tersebut juga terdapat pembentukan akhlak mulia pada siswa yang mencakup tentang akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada orang lain, akhlak kepada alam semesta, akhlak beragama, dan akhlak bernegara. Metode yang digunakan dalam pembentukan akhlak melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yaitu menggunakan metode ta’lim dan metode pembiasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Akhlak Mulia, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Aulia Rifani Faiz
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:33
Last Modified: 05 Jul 2024 06:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25270

Actions (login required)

View Item View Item