BIMBINGAN KETERAMPILAN VOKASIONAL DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILL PADA LANSIA DI PPSLU SUDAGARAN BANYUMAS

Azizain, Isfahani (2024) BIMBINGAN KETERAMPILAN VOKASIONAL DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILL PADA LANSIA DI PPSLU SUDAGARAN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AZIZAIN ISFAHANI_Bimbingan Keterampilan Vokasional Dalam Mengembangkan Life Skill Pada Lansia Di PPSLU Sudagaran Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Usia 60 tahun keatas disebut lanjut usia yang menyebabkan tenaga semakin menurun dan keterbatasan kegiatan. Selain itu perubahan lainnya juga dialami baik itu secara fisik, mental, perubahan kondisi sosial, kesehatan yang menurun, hilangnya mata pencaharian dan sudah tidak lagi dianggap mampu mengerjakan pekerjaan. Tetapi mereka masih tetap bisa kreatif walaupun di usia lanjut dengan cara diberikan bimbingan keterampilan vokasional. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui bahwa usia lanjut tetap bisa kreatif dan berkreasi sesuai dengan kemampuannya. Menjawab rumusan masalah, (1) Bagaimana bimbingan keterampilan vokasional dalam mengembangkan life skill pada lansia di PPSLU Sudagaran Banyumas?, (2) Apa faktor penghambat dan faktor pendukung dalam keberlangsungan kegiatan bimbingan keterampilan vokasional di PPSLU Sudagaran Banyumas?. Kriteria inklusi subjek, (1) lansia berusia 60 tahun keatas laki-laki atau perempuan, (2) lansia potensial di PPSLU Sudagaran Banyumas, (3) aktif dalam kegiatan bimbingan keterampilan, dan (4) mampu berkomunikasi dengan baik. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menunjukkan bahwa pemberian bimbingan keterampilan vokasional mampu untuk mengembangkan life skill lansia potensial di PPSLU Sudagaran Banyumas. Dalam kegiatan bimbingan keterampilan vokasional terdapat 3 tahapan yang harus dipenuhi yaitu, (1) tahap persiapan, (2) tahap produksi, dan (3) tahap pemasaran. Di PPSLU Sudagaran Banyumas belum mencapai pada tahap pemasaran, karena keterbatasan dana sehingga kegiatan promosi belum terlaksana. Faktor penghambatnya suasana hati lansia naik turun dan kurangnya instruktur khusus di bidang keterampilan. Faktor pendukungnya untuk mengisi waktu luang, menjaga kondisi kognitif dan anggaran dana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keterampilan Vokasional, Life Skill, Lansia.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.344 Pendidikan Keterampilan Khusus
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.6 Service to Person in Late Adulthood (Lansia)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Azizain Isfahani sdri
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:37
Last Modified: 06 Jul 2024 01:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25269

Actions (login required)

View Item View Item