EFEKTIVITAS K-POP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA NCTZEN PURWOKERTO

Nur, Izah Somita (2024) EFEKTIVITAS K-POP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA NCTZEN PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhr.

[img]
Preview
Text
Nur Izah Somita_Efektivitas K-Pop Terhadap Motivasi Belajar Pada NCTzen Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di era digital ini, Indonesia mengalami dampak dari kemajuan teknologi, salah satunya adalah dengan masuknya budaya K-Pop yang memberikan pengaruh pada berbagai aspek kehidupan, termasuk motivasi belajar dalam bidang pendidikan. Motivasi belajar dapat didorong oleh faktor internal maupun eksternal. Semakin besar dorongan untuk melaksanakan kegiatan belajar maka akan semakin tinggi motivasinya, sehingga keberhasilan belajar akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk 1.) mengetahui perbedaan signifikan motivasi belajar antara NCTzen Purwokerto dan kelompok yang tidak menyukai K-Pop, dan 2.) mengetahui efektivitas K-Pop dalam meningkatkan motivasi belajar NCTzen Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 531 penggemar komunitas NCTzen Purwokerto. Sampel eksperimen ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dengan persentase kesalahan 10%, berjumlah 84 penggemar. Sampel kontrol diambil dari individu yang tidak menyukai K-Pop, berjumlah 84 responden. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test menghasilkan nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 < α = 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara NCTzen Purwokerto dan kelompok yang tidak menyukai K-Pop. Hasil perhitugan skor rata-rata motivasi belajar pada NCTzen lebih besar 0,3 dibanding kelompok yang tidak menyukai K-Pop. Pernyataan ini menunjukkan K-Pop efektif digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi belajar pada penggemar NCT. Kata Kunci: Efektivitas, K-Pop, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, K-Pop, Motivasi Belajar
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nur Izah Somita sdri
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:53
Last Modified: 05 Jul 2024 03:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25264

Actions (login required)

View Item View Item