BIMBINGAN KEMANDIRIAN DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI SUKSES PADA SISWA SLOW LEARNER DI SMP PERMATA HATI PURWOKERTO

Destiyani, Safitri (2024) BIMBINGAN KEMANDIRIAN DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI SUKSES PADA SISWA SLOW LEARNER DI SMP PERMATA HATI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DESTIYANI SAFITRI-BIMBINGAN KEMANDIRIAN DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI SUKSES PADA SISWA SLOW LAERNER DI SMP PERMATA HATI PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bimbingan kemandirian merupakan pemberikan bantuan atau arahan pada siswa supaya mampu mengoptimalkan perkembangan dalam dirinya baik berupa kepercayaan diri atau tanggung jawab tanpa bergantung pada orang lain sehingga mampu melakukan kegiatannya sendiri. Kemandirian pada siswa merupakan hal yang perlu dilatih dan dibimbing karena kemandirian yang akan membantu siswa dimasa depannya dan kehidupannya. Seperti yang dilakukan oleh para guru yang ada di SMP Permata Hati Purwokerto dengan memberikan cara-cara untuk membentuk kemandirian serta bimbingan kemandirian pada siswa slow learner yang masih bergantung pada orang lain, dengan demikian siswa mampu lebih efektif melakukan kegiatan sehari-hari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif dimana semua hasil penelitian dijelaskan lalu dengan mengambil lokasi di SMP Permata Hati Purwokerto karena lokasi ini salah satu tempat yang paling efektif dalam pengambilan data. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan kemandirian dalam memberikan motivasi sukses pada siswa slow learner yang diberikan oleh guru dan untuk mengentahui faktor yang mempengaruhi pada bimbingan kemandirian siswa itu apa saja. Siswa slow learner yang terdapat di SMP Permata Hati Purwoerto ini masih belum mampu melakukan kegiatan sehari-hari baik itu di sekolah maupun di rumah seperti contohnya siswa belum mampu membaca, menulis dan menghitung ada juga siswa yang belum mampu pergi ke kamar mandi sendiri atau mengikat tali sepatu, dengan begitu. Ada beberapa cara untuk membentuk kemandirian pada siswa slow learner dan faktor yang mempengaruhi kemandirian siswa, yaitu dengan cara membimbing siswa untuk mampu menyelesaikan masalahnya, menumbuhkan jiwa sosial, menumbuhkan rasa percaya diri, menjadikan tanggung jawab, menjadikan siswa yang disiplin, siswa mampu mengendalikan emosi dan mampu melakukan sesuatu dengan kesadarannya. Lalu faktor yang dapat mempengaruhi bimbingan kemandirian siswa bisa karena orang tua, lingkungan atau dirinya sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kemandirian, Siswa, Slow Leraner
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Destiyani Safitri sdri
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:09
Last Modified: 04 Jul 2024 02:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25233

Actions (login required)

View Item View Item