MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN KHUSUS DI SLB C DAN C1 YAKUT KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

Lailatul, Ma'rifah (2024) MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN KHUSUS DI SLB C DAN C1 YAKUT KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LAILATUL MA'RIFAH_MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN KHUSUS DI SLB C DAN C1 YAKUT KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum pendidikan khusus di SLB (sekolah luar biasa). Fokus utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana kurikulum pendidikan khusus diterapkan dalam lembaga pendidikan formal untuk anak berkebutuhan khusus, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaanya, serta mengevaluasi efektivitas kurikulum tersebut terhadap perkembangan peserta didik dengan kebutuhan khusus. Metode penlitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kurikulum pendidikan khusus di SLB C dan C1 Yakut Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pertama, tahap perencanaan meliputi melakukan identifikasi peserta didik melalui surat keterangan psikologis dari dokter atau ahli psikologis, dilanjutkan dengan melakukan asesmen akademik oleh guru untuk mengetahui kemampuan dasarnya, selanjutnya menyusun dan mempersiapkan perangkat pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik. Kedua, tahap pelaksanaan terbgai menjadi dua tingkatan, tingkat sekolah dan tingkat kelas. Pada tingkat sekolah dilakukan supervisi oleh kepala sekolah, pada tingkat kelas dilakukan oleh guru yakni kegiatan pembelajaran dikelas. Ketiga, tahap evaluasi terbagi menjadi dua tingkatan, tingkat sekolah dan tingkat kelas. Pada tingkat sekolah yakni meninjau, mengembangkan, dan memperbaiki kurikulum. Pada tingkat kelas yakni menilai dan mengukur kemampuan dan perkembangan peserta didik berkebutuhan khusus. Sedangkan pihak-pihak yang terlibat dala evaluasi kurikulum ada pihak sekolah, badan pengawas, stakeholder, orang tua peserta didik. Evaluasi dilakukan per enam bulan sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen, kurikulum, pendidikan khusus
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anggita Nurul Khasanah sdri
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:58
Last Modified: 05 Jul 2024 02:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25225

Actions (login required)

View Item View Item