DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun Instagram @OtoyCihuy)

Moersito, Al Ghifany (2024) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun Instagram @OtoyCihuy). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Moersito Al Ghifany_Desain Komunikasi Visual sebagai Media Dakwah (Analisis semiotika Roland Barthes pada akun Instagram @OtoyCihuy).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pemanfaatan desain komunikasi visual sebagai media dakwah melalui analisis semiotika Roland Barthes pada akun Instagram @OtoyCihuy. Pada era digital ini, media sosial seperti Instagram telah menjadi salah satu platform penting untuk mengkomunikasikan pesan dakwah secara visual. @OtoyCihuy merupakan salah satu pengguna Instagram yang memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah melalui desain komunikasi visual. Metode analisis semiotika Roland Barthes digunakan untuk mengkaji simbol dan makna yang terkandung dalam desain komunikasi visual pada postingan akun Instagram @OtoyCihuy. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan mempelajari tentang makna pada desain komunikasi visual yang digunakan akun Instagram @OtoyCihuy sebagai media dakwah dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode analisis semiotika Roland Barthes untuk mengkaji tanda secara mendalam baik mengenai isi dan maknanya melalui tiga elemen yaitu tipografi, ilustrasi dan warna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain komunikasi visual sebagai media dakwah dengan analisis semiotika Roland Barthes pada akun Instagram @OtoyCihuy menunjukkan bahwa pemaknaan dan pemahaman terhadap petanda yang ada pada poster. Tanda tersebut memiliki makna serta himbauan kepada pembaca untuk melakukan kebaikan dan menjauhi keburukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain Komunikasi Visual, Instagram, Semiotika,@OtoyCihuy,Media Dakwah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Moersito Al Ghifany sdr
Date Deposited: 04 Jul 2024 01:24
Last Modified: 04 Jul 2024 01:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25223

Actions (login required)

View Item View Item