Implementasi Kurikulum Tahfidz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Modern Darul Qur'an Al-Karim Baturraden Kabupaten Banyumas

Nur, Hidayat (2024) Implementasi Kurikulum Tahfidz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Modern Darul Qur'an Al-Karim Baturraden Kabupaten Banyumas. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur Hidayat_Implementasi Kurikulum Tahfidz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Modern Darul Qur'an Al-Karim Baturraden Kabupaten Banyumas.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tahfiẓ al-Qur‟an banyak dipandang sebagai sesuatu yang sulit, waktunya sangat lama dan dianggap hanya seseorang dengan latar belakang agama yang bagus saja yang bisa melakukannya. Padahal, masalah tersebut muncul karena ketidakfahaman seseorang dengan segala proses tahfiẓ al-Qur‟an, sehingga dipandang mustahil untuk mengikuti program tahfiẓ al-Qur‟an. Implementasi kurikulum tahfiẓ al-Qur‟an berisi serangkaian rencana kegiiatan mulai dari capaian masa depan beserta dengan langkah-langkah untuk mewujudkannya sangat penting untuk penulis teliti . Dengan mengetahui implementasi kurikulum tahfiẓ al-Qur‟an, seseorang dapat mengetahui segara proses dan dapat lebih tertarik dengan program tahfiẓ al-Qur‟an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif, berupa dokumen tertulis maupun lisan dari narasumber penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis dan keabsahan data, penulis menggunakan empat metode, yaitu reduksi data, penyajian data, varidasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah implementasi kurikulum tahfiẓ al-Qur‟an di Pondok Pesantren Modern Darul Qur‟an Al-Karim menunjukan bahwa kurikulum tersebut sesuai dengan teori kurikulum tahfiẓ yang meliputi pencapaian tahfiẓ, pelaksanaan tahfiẓ dan evaluasi tahfiẓ. Percapaian tahfiẓ 30 juz dilaksanakan dalam dua program yaitu 30 juz selama tiga tahun (reguler) dan menghafal 30 juz selama 1 tahun (takhasus). Pelaksanaan tahfiẓ harian dilaksanakan melalui kegiatan setoran hafalan baru, murojaah hafalan baru, murojaah hafalan lama, mudarrosah dan kegiatan membaca al-Qur‟an secara berjamaah. Pelaksanaan tahfiẓ bulanan meliputi ujian tasmi‟ mulai dari satu juz, lima juz dan tasmi‟ 10, sedangkan pelaksanaan tahfiẓ tahunan meliputi ujian pendadaran 30 juz, ujian publik dan wisuda al-Qur‟an. Pelaksanaan evaluasi dilakukan oleh pendamping setiap hari, oleh pengurus setiap bulan dan setiap tahun akan diadalkan evaluasi oleh lembaga secara keseluruhan di bawah naungan Pondok Pesantren Modern Darul Qur‟an Al-Karim Baturraden Banyumas

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum dan Tahfiẓ Al-Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Hidayat sdr
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:32
Last Modified: 04 Jul 2024 02:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25220

Actions (login required)

View Item View Item