PERAN PEMBIAYAAN MODAL KERJA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA PADA KELOMPOK PEREMPUAN PENGUSAHA BERPENGHASILAN RENDAH (STUDI KASUS PADA PT MBK VENTURA KC CAKUNG JAKARTA TIMUR)

Tarry, Shelpia (2024) PERAN PEMBIAYAAN MODAL KERJA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA PADA KELOMPOK PEREMPUAN PENGUSAHA BERPENGHASILAN RENDAH (STUDI KASUS PADA PT MBK VENTURA KC CAKUNG JAKARTA TIMUR). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_ Tarry Shelpia.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Usaha kecil sering kali menghadapi tantangan dalam mengakses modal yang cukup untuk mengembangkan operasional mereka. PT MBK Ventura KC Cakung menyediakan solusi dengan menawarkan pembiayaan modal kerja kepada kelompok perempuan pengusaha berpenghasilan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi keputusan usaha kecil untuk memilih pembiayaan modal kerja dari MBK Ventura, serta peran yang dimainkan oleh MBK Ventura dalam mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan usaha kecil. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Dimana data dikumpulkan melalui teknik wawancara secara mendalam terhadap kepala cabang, account officer, dan kelompok perempuan pengusaha berpenghasilan rendah sebagai nasabah PT MBK Ventura KC Cakung. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dan dijelaskan secara rinci dalam bentuk narasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukan hasil penelitian bahwa faktor pemilihan pembiayaan modal kerja dari MBK Ventura didorong oleh beberapa faktor, termasuk kondisi ekonomi, proses yang lebih mudah, persyaratan yang lebih fleksibel, serta dukungan dan pendampingan yang diberikan oleh MBK Ventura kepada kelompok perempuan pengusaha berpenghasilan rendah. Dalam peran PT MBK Ventura dalam konteks keuangan syariah tidak hanya tentang menyediakan modal, tetapi juga tentang mendukung pertumbuhan berkelanjutan, pengelolaan yang bertanggung jawab, dan pengembangan bisnis yang sesuai dengan nilai-nilai syariah. Ini menunjukkan bahwa mereka tidak hanya menjadi pemangku modal tetapi juga mitra strategis yang aktif dalam membantu pengusaha mencapai tujuan mereka secara berkelanjutan dan sesuai dengan prinsip-prinsip keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Usaha, Pembiayaan Modal Kerja, PT MBK Ventura
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Tarry Shelpia sdri
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:06
Last Modified: 04 Jul 2024 07:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25210

Actions (login required)

View Item View Item