MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH MUALLIMIN MUALLIMAT AD DINIYAH (MMA) AL-HIKMAH 2 BENDA SIRAMPOG BREBES

Nur Izzati, Amanah (2024) MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH MUALLIMIN MUALLIMAT AD DINIYAH (MMA) AL-HIKMAH 2 BENDA SIRAMPOG BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NUR IZZATI AMANAH_(2017401122).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mutu pendidikan dan standarisasinya merupakan salah satu cara yang diberlakukan pemerintah dalam menjawab tuntutan pendidikan nasional. Tidak hanya pendidikan reguler, pondok pesantren juga memiliki andil dalam dunia pendidikan Indonesia. Setiap lembaga pasti memiliki kurikulum sebagai panduan kegiatan pembelajaran. Maka manajemen kurikulum sangat diperlukan guna mencapai tujuan dan visi misi madrasah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen kurikulum yang mencakup proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di Madrasah Muallimin Muallimat Ad Diniyah (MMA) Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: perencanaan kurikulum digunakan sebagai pedoman mengenai syarat penilaian,kenaikan dan kelulusan peserta didik, dan apa saja yang akan dilakukan dalam satu tahun ajaran. Pada tahap pengorganisasian terdapat pembagian struktur dan tugas mengajar sesuai dengan kemampuan dan bidang keilmuan guru, pembuatan jadwal dan kalender akademik. Tahap pelaksanaan kurikulum, guru merupakan eksekutor yang sangat berpengaruh dalam kegiatan pembelajaran yang masih menggunakan metode klasikal. Dalam tahap evaluasi terbagi menjadi dua, yaitu evaluasi terhadap guru yang dilakukan secara insidental dan terhadap siswa melalui ujian tulis dan hafalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum, Madrasah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Izzati Amanah sdri
Date Deposited: 06 Jul 2024 02:53
Last Modified: 06 Jul 2024 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25192

Actions (login required)

View Item View Item