STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA TAMANSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA MELALUI PROGRAM KAMPUNG ZAKAT (STUDI KASUS PROGRAM KAMPUNG ZAKAT DI LAZISMU PURBALINGGA)

Putri, Nabila (2024) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA TAMANSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA MELALUI PROGRAM KAMPUNG ZAKAT (STUDI KASUS PROGRAM KAMPUNG ZAKAT DI LAZISMU PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Putri Nabila_ Strategi Pemberdayaan Masyarakat Desa Tamansari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga Melalu Program kampung Zakat (Studi Kasus Program Kampung Zakat di LAZISMU Purbalingga).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan menjadi salah satu masalah yang sampai saat ini masih ada. Salah satu upaya untuk mengurangi angka kemiskinan yaitu dengan pemberdayaan masyarakat. Keberhasilan pemberdayaan dapat dilihat dari strategi yang digunakan agar masyarakat bisa berdaya. Program Kampung Zakat merupakan sebuah program yang dijadikan salah satu usaha untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi angka kemiskinan melalui penghimpunan dana zakat, infak, shodaqoh dan wakaf dengan menggunakan program pemberdayaan masyarakat di Desa Tamansari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemberdayaan masyarakat Desa Tamansari Kabupaten Purbalingga melalui program Kampung Zakat binaan dari LAZISMU Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dengan Pimpinan LAZISMU Purbalingga, pengelola dan penerima manfaat (Mustahik) program Kampung Zakat serta dokumentasi program pemberdayaan masyarakat di Kampung Zakat. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk uji keabsahan datanya adalah menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Pemberdayaan Masyarakat pada program Kampung Zakat di Desa Tamansari dilakukan secara individu dan kelompok dengan menggunakan 5 program strategi pemberdayaan yaitu pengembangan sumber daya manusia, pengembangan kelembagaan kelompok, pemupukan modal masyarakat, pengembangan usaha produktif, dan penyediaan informasi tepat guna. Capaian program Kampung Zakat mampu memberdayakan masyarakat dengan melihat lima indikator pemberdayaan yaitu mengurangi angka kemiskinan, meningkatnya pendapatan masyarakat, berkembangnya kepedulian masyarakat, meningkatkan kemandirian masyarakat, kapasitas dan pemerataan keluarga miskin meningkat. Kendala yang dihadapi pada program Kampung Zakat adalah kurangnya koordinasi internal, kurangnya fasilitas yang memadai dan dananya terbatas. Upaya yang dilakukan oleh LAZISMU Purbalingga untuk mengatasinya yaitu dengan meningkatkan koordinasi internal, mengingkatkan fasilitas dan meningkatkan penghimpunan dana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemberdayaan Masyarakat, Kampung Zakat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Putri Nabila sdri
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:50
Last Modified: 04 Jul 2024 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25191

Actions (login required)

View Item View Item