STRATEGI DAKWAH PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEIMANAN MUALAF DI KECAMATAN CIPARI KABUPATEN CILACAP

Zulia, Adzkiyati (2024) STRATEGI DAKWAH PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEIMANAN MUALAF DI KECAMATAN CIPARI KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ZULIA ADZKIYATI_Strategi Dakwah Penyuluh Agama Islam Dalam Meningkatkan Keimanan Mualaf di Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingkat pertumbuhan agama yang paling cepat adalah Islam. Perpindahan agama dari non Islam ke dalam Islam memiliki peningkatan tiap tahunnya, namun mualaf masih rentan kembali ke agama sebelumnya dikarenakan lemahnya tingkat keimanan mualaf. Mualaf merupakan seseorang yang baru masuk agama islam dan masih lemah keimanannya. Maka dari itu diperlukan strategi dakwah dalam upaya meningkatkan keimanan mualaf, tidak hanya mengucap syahadat. Penyuluh KUA Kecamatan Cipari memiliki salah satu program yaitu pembinaan mualaf, untuk meningkatkan keimanan para mualaf hendaknya dilakukan secara berkelanjutan agar tercapai tujuan meningkatkan keimanan mualaf di Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah yang digunakan penyuluh agama Islam dalam upaya meningkatkan keimanan muallaf, dan apa yang menjadi faktor penghambat dan pendorong dalam melakukan pembinaan terhadap muallaf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer dari hasil wawancara secara langsung kepada penyuluh agama Islam dan muallaf binaan, dan data sekunder berupa foto kegiatan terkait pembinaan muallaf, dokumentasi muallaf, daftar hadir pembinaan muallaf,. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik analisis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan muallaf dengan strategi yang tepat dapat meningkatkan keimanan muallaf. Melalui strategi dakwah yang digunakan penyuluh agama Islam, terlihat bahwa muallaf mampu mempelajari agama Islam dengan baik dan terdorong untuk mengamalkan ajaran Islam. Adapun strategi dakwah yang digunakan yaitu: 1) Strategi sentimental dengan melakukan pendekatan kepada muallaf dengan cara mendirikan Majelis Taklim “Niat Ingsun Ngaji” khusus untuk binaan muallaf, melakukan konsultasi secara door to door, 2) Strategi rasional dengan memberikan motivasi kepada muallaf dengan metode dakwah bil-lisan dan bil-hal, 3) Strategi indrawi dengan memperdengarkan murotal ayat Al-Qur’an dan penguatan ekonomi muallaf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Penyuluh Agama Islam, Mualaf.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zulia Adzkiyati sdri
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:54
Last Modified: 04 Jul 2024 03:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25180

Actions (login required)

View Item View Item