EFEKTIVITAS STRATEGI HOME INDUSTRI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN

Rifdah, Fitri Rahmawati (2024) EFEKTIVITAS STRATEGI HOME INDUSTRI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RIFDAH FITRI RAHMAWATI_EFEKTIVITAS STRATEGI HOME INDUSTRI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara agraris dengan mayoritas penduduk bekerja sebagai petani. Berdasarkan BPS 2023, terdapat 28.419.398 usaha pertanian (RTUP), meningkat 8,74% sejak 2013 di sektor hortikultura dari total unit usaha. Di Banyumas, hidroponik menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan pangan akibat keterbatasan lahan. Usaha hidroponik di Banyumas salah satunya adalah Home Industri Hidroponik Kecil Pwt. Usaha ini belum lama berdiri tetapi mampu bersaing dengan usaha hidroponik lainnya yang sudah lebih lama berdiri, dengan jumlah mitra kerja yang semakin besar. Selain menawarkan sayuran hidroponik juga menjual hasil oalahan sayuran hidroponik, menyediakan perlengkapan dan jasa layanan hidroponik serta menerapkan prinsip ekonomi Islam dalam menjalankan bisnisnya. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji efektivitas strategi dalam meningkatkan pendapatan Home Industri Hidroponik Kecil Pwt serta pandangan ekonomi Islam terhadap strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan utama adalah karyawan Home Industri Hidroponik Kecil Pwt, Ibu Ervy Suryani dan Bapak Dio. Teknik analisis datanya menggunakan model Milles Huberman yaitu dengan pengumpulan data, reduksi, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan efektivitas strategi Home Industri Hidroponik Kecil Pwt dalam meningkatkan pendapatan terutama dipengaruhi oleh strategi kemitraan dengan ritel-ritel di Purwokerto yang berkontribusi 53,07%. Pemasaran offline menggunakan plang dan banner, serta online melalui media sosial berkontribusi 31,55%. Toko perlengkapan hidroponik berkontribusi 12,1%. Kerupuk sehat “Mas Kit” berkontribusi 0,122%. Selain itu, usaha ini menyediakan jasa pembersihan dan perbaikan instalasi hidroponik serta pelatihan hidroponik. Semua strategi dijalankan sesuai prinsip ekonomi Islam yang menekankan kejujuran, keadilan, dan etika bisnis dengan menerapkan empat sifat Nabi yaitu siddiq (kejujuran), amanah (kepercayaan), fathanah (kecerdasan), dan tabligh (komunikatif)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Strategi, Pendapatan, Home Industri, Hidroponik
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rifdah Fitri Rahmawati sdri
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:33
Last Modified: 11 Jul 2024 06:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25178

Actions (login required)

View Item View Item