PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PROGRAM GERAKAN JAMAAH DAN DAKWAH JAMAAH (GJDJ) DI MASJID AL-IKHLAS BANTERAN, WANGON, BANYUMAS

Uswatun, Khasanah (2024) PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PROGRAM GERAKAN JAMAAH DAN DAKWAH JAMAAH (GJDJ) DI MASJID AL-IKHLAS BANTERAN, WANGON, BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Uswatun Khasanah_Pendidikan Akhlak dalam Program Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah (GJDJ) di Masjid Al-Ikhlas Banteran, Wangon, Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Degradasi moral yang menimpa masyarakat saat ini semakin meningkat, hal ini ditandai dengan menjamurnya tindakan anmoral dikalangan masyarakat, misalnya seperti korupsi, kekerasan, perkelahian, pornografi, pelanggaran HAM, perusakan terhadap lingkungan hidup, pembunuhan dan lainnya Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan akhlak dalam Program Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah (GJDJ) di Masjid Al-Ikhlas, Banteran, Wangon, Banyumas. Pendidikan akhlak merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter muslim yang berakhlak mulia. Masjid sebagai pusat aktivitas keagamaan memiliki peran strategis dalam upaya menginternalisasikan nilai-nilai akhlak kepada jamaahnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi pendidikan akhlak terhadap Allah SWT dalam Program Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah (GJDJ) di Masjid Al-Ikhlas Banteran, Wangon, Banyumas dilakukan melalui kegiatan shalat berjamaah, tadarus Al-Qur'an, kajian rutin, dan pembelajaran Al-Qur’an untuk anak-anak. Kedua, implementasi pendidikan akhlak sesama manusia dalam Program Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah (GJDJ) di Masjid Al-Ikhlas Banteran, Wangon, Banyumas dilakukan melalui kegiatan pemberdayaan. Ketiga, implementasi pendidikan akhlak terhadap lingkungan melalui kegiatan sadaqah sampah dan pengadaan air bersih untuk jamaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Uswatun Khasanah sdr
Date Deposited: 03 Jul 2024 09:12
Last Modified: 03 Jul 2024 09:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25168

Actions (login required)

View Item View Item