STRATEGI PEMBELAJARAN KURIKULUM MUATAN LOKAL BUDAYA BANYUMASAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI AJIBARANG KULON KABUPATEN BANYUMAS

Gusmi, Ilham Ramadhan (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN KURIKULUM MUATAN LOKAL BUDAYA BANYUMASAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI AJIBARANG KULON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Gusmi Ilham Ramadhan_Strategi Pembelajaran Kurikulum Muatan Lokal Budaya Banyumasan di Sekolah Dasar Negeri Ajibarang Kulon Kabupaten Banyumas.pdf

Download (930kB) | Preview

Abstract

Kurikulum muatan lokal adalah serangkaian rencana dan pedoman mengenai tujuan, isi, serta materi pembelajaran. Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan konteks dan kebutuhan lingkungannya. Penanaman nilai-nilai luhur seperti penanaman wawasan kearifan lokal kepada anak sangat penting dilakukan pada jenjang sekolah dasar (SD) untuk memberikan bekal nilai-nilai moral dan penanaman jati diri sebagai bagian dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi pembelajaran dalam penerapan kurikulum muatan lokal budaya banyumasan di SD Negeri Ajibaran Kulon. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas IV serta peserta didik kelas IV yang dipilih menggunakan metode purposive. Proses analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya strategi pembelajaran dalam penerapan kurikulum muatan lokal budaya banyumasan di SD Negeri Ajibarang Kulon dilakukan menggunakan strategi ekspositori, strategi afektif, strategi kooperatif dan strategi kontekstual. Dalam perencanaan kurikulum muatan lokal budaya banyumasan dimulai dari pembagian tugas guru. Kemudian pembuatan jadwal pembelajaran, program tahunan, program semester, dan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pelaksanaan pembelajaran kurikulum muatan lokal budaya banyumasan di SD Negeri Ajibarang Kulon melalui tiga tahap utama, yakni: tahap Pra Intruksional, tahap Intruksional, dan tahap Evaluasi. Strategi pembelajaran yang digunakan dipilih berdasarkan pada bobot dan isi materi pembelajaran. Evaluasi dilakukan terhadap guru dan siswa, yang mana dari hasil evaluasi tersebut akan diketahui efektifitas penerapan kurikulum muatan lokal budaya banyumasan di kelas dan strategi pembelajaran yang diterapkan. Evaluasi bertujuan untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran agar tujuan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Manajemen Kurikulum, Kurikulum Muatan Lokal
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Gusmi Ilham Ramadhan sdr
Date Deposited: 03 Jul 2024 09:10
Last Modified: 05 Jul 2024 04:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25166

Actions (login required)

View Item View Item