PENGARUH ISLAMIC INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP MARKET PERFORMANCE DENGAN MAQASHID SYARIAH INDEX SEBAGAI VARIABEL MODERASI(STUDI EMPIRIS PADA LAPORAN KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2016-2021)

Ratri, Wulan Amalia (2024) PENGARUH ISLAMIC INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP MARKET PERFORMANCE DENGAN MAQASHID SYARIAH INDEX SEBAGAI VARIABEL MODERASI(STUDI EMPIRIS PADA LAPORAN KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2016-2021). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ratri Wulan Amalia_Pengaruh Islamic Intellectual Capital terhadap Market Performance dengan Maqashid Syariah Index.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbandingan pangsa pasar bank konvensional dengan bank syariah di Indonesia yang menunjukkan bahwa pangsa pasar perbankan syariah masih relatif kecil sehingga belum dapat memenangi persaingan dengan bank konvensional yang memiliki intervensi yang kuat. Selain itu, faktor yang diduga dapat meningkatkan hubungan antara Islamic intellectual capital dan kinerja pasar adalah Maqashid Syariah Index. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic Intellectual Capital terhadap Market Performance dengan Maqashid Syariah Index sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu Perbankan Syariah di Indonesia tahun 2016-2021. Sampel yang diambil menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 10 bank Syariah di Indonesia. Data yang digunakan berupa data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu IB-VAIC, ROS, dan MSI. Uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan Moderated Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif tidak signifikan Islamic Intellectual capital terhadap market performance. MSI dapat memperkuat hubungan antara iB-VAIC dan Market Performance, namun pengaruh ini tidak signifikan. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk menambah jumlah variabel penelitian seperti pofitabilitas supaya hasil penelitian lebih komprehensif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intellectual capital, Market Performance, Maqashid Syariah Index, IB-VAIC, ROS
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Ratri Wulan Amalia
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:21
Last Modified: 12 Jul 2024 08:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25146

Actions (login required)

View Item View Item