PERGESERAN CARA PANDANG TERHADAP NILAI-NILAI SAKRAL PERNIKAHAN PADA PELAKU PERCERAIAN ASN (APARATUR SIPIL NEGARA) DI KABUPATEN BANYUMAS

Afifuddin, Idrus (2024) PERGESERAN CARA PANDANG TERHADAP NILAI-NILAI SAKRAL PERNIKAHAN PADA PELAKU PERCERAIAN ASN (APARATUR SIPIL NEGARA) DI KABUPATEN BANYUMAS. Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Afifudin_Disertasi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pernikahan adalah sesuatu yang sakral dan tidak hanya melibatkan kedua pasangan, namun juga merupakan sebuah janji kepada Allah. Akan tetapi, dewasa ini pernikahan mengalami pergeseran nilai dari makna kesakralan. Nilai-nilai seperti komitmen seumur hidup, kesetiaan, dan pembentukan keluarga yang menjadi inti dari makna sakralitas pernikahan mulai ditinggalkan. Selain itu, salah satu tujuan pelaksanaan pernikahan untuk menciptakan keluarga yang tentram, dan penuh kasih sayang. Akan tetapi, banyak orang yang melakukan perceraian, sehingga kasus perceraian yang terjadi telah dianggap wajar atau hal yang biasa. Oleh sebab itu, cara pandang terhadap nilai pernikahan yang awalnya begitu mulia mengalami pergeseran makna. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di kabupaten Banyumas dan waktu pelaksanaannya pada 22 Juli 2022 sampai dengan 22 Desember 2022 Sedangkan teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu memalui dokumentasi dan wawancara, kemudian analisis penelitian ini menggunakan teori model Milles dan Huberman. Adapun verifikasi keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu bahwa cara pandang ASN terhadap nilai-nilai sakral pernikahan sejalan dengan apa yang tertulis dalam buku pedoman pondasi keluarga sakinah. Adapun cara pandang ASN tersebut yaitu 1) Pernikahan merupakan ibadah dan ikatan suci di hadapan allah; 2) Pernikahan merupakan jalan menuju keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah; 3) Pernikahan merupakan cara mendapatkan ketenangan dan ketentraman hidup; 4) Pernikahan merupakan jalan menuju kebahagiaan dan surga; 5) Pernikahan merupakan jalan menggapai keridlaan allah swt.; 6) Pernikahan merupakan jalan memperoleh keturunan atau ahli waris. Adapun pergeseran cara pandang nilai-nilai sacral pernikahan pada pelaku ASN di Kabupaten Banyumas terjadi karena adanya perubahan sosial. Banyak faktor perubahan yang terjadi, yang kemudian menyebabkan bergesernya cara pandang ASN terhadap nilai-nilai sakral pernikahan dan berakibat pada perceraian. Adapun perubahan-perubahan yang terjadi yaitu: adanya tuntutan persamaan hak antara laki-laki dan perempuan, perubahan terhadap pandangan makna status setelah perceraian, perubahan pada masyarakat yang cenderung lebih individualis, perubahan tuntutan kebutuhan hidup, perubahan adanya kemudahan akses pada pilihan lain di luar keluarga.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Cara Pandang, Nilai sakral Pernikahan, Perceraian, ASN
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.33 Perceraian
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Afifuddin Idrus sdr
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:56
Last Modified: 08 Jul 2024 07:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25145

Actions (login required)

View Item View Item