PENGARUH SOCIAL INFLUENCE, EFFORT EXPECTANCY, DAN PERCEIVED TRUST TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN DIGITAL BANKING PADA GENERASI Z WILAYAH PURWOKERTO

Restu, Meisya (2024) PENGARUH SOCIAL INFLUENCE, EFFORT EXPECTANCY, DAN PERCEIVED TRUST TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN DIGITAL BANKING PADA GENERASI Z WILAYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RESTU MEISYA_PENGARUH SOCIAL INFLUENCE, EFFORT EXPECTANCY, DAN PERCEIVED TRUST TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN DIGITAL BANKING PADA GENERASI Z WILAYAH PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu tanda modernisasi di dunia termasuk di Indonesia adalah pertumbuhan teknologi. Teknologi tumbuh dengan pesat sehingga banyak transformasi dalam operasional industri. Masa digital sudah membawa transformasi besar dalam sikap hidup manusia. Transformasi yang dapat dialami saat ini salah satunya yakni terdapat pada sistem pelayanan digital. Jika sebelumnya masyarakat melakukan sistem pembayaran dengan metode tunai, saat ini masyarakat telah bergeser inovasi dengan metode digital. Generasi Z merupakan generasi digital yang terampil dalam bidang teknologi informasi dan berbagai aplikasi komputer. Peneliti menjumpai bahwa kelompok tersebut sangat menggemari segala sesuatu yang berhubungan dengan internet. Mereka berteman baik dengan teknologi dan selalu melibatkan teknologi dalam segala kebutuhan hidupnya seperti untuk melakukan transaksi keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah social influence, effort expectancy, dan perceived trust berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan digital banking pada generasi Z wilayah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Populasi sebanyak 52.332 orang dengan perhitungan sampel rumus slovin menghasilkan sebanyak 396,96 yang dibulatkan menjadi 400 responden dari generasi Z wilayah Purwokerto. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Rank Spearman, Uji Kendall‟s W, dan Regresi Ordinal dengan menggunakan IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Social influence berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan layanan digital banking. 2) Effort expectancy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan layanan digital banking. 3) Perceived trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan layanan digital banking. 4) Secara simultan social influence, effort expectancy, dan perceived trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan layanan digital banking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: social influence, effort expectancy, perceived trust, minat menggunakan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Restu Meisya sdri
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:52
Last Modified: 03 Jul 2024 07:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25144

Actions (login required)

View Item View Item