PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS, MOTIVASI DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat di Kabupaten Banyumas)

Rahma, Nur Laeli (2024) PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS, MOTIVASI DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat di Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RAHMA NUR LAELI_PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS, MOTIVASI DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat di Kabupaten Banyumas).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan yang sedang terjadi di sektor pasar modal saat ini adalah rendahnya angka pemodal dimana jumlah pemodal yang ada di sektor perbankan lebih unggul dibandingkan di sektor pasar modal. Oleh karena itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mencari serta mengukur seberapa besar minat masyarakat di Kabupaten Banyumas untuk berinvestasi di pasar modal syariah yang diukur melalui pengetahuan, religiusitas, motivasi dan modal minimal. Berdasarkan fokus permasalahan yang akan dikaji peneliti, maka penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat empat variabel independen yaitu pengetahuan, religiusitas, motivasi dan modal minimal investasi. Sedangkan variabel dependen yang ada pada penelitian ini adalah minat berinvestasi di pasar modal syariah. Sampel yang ada pada penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Kemudian, analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi liniear berganda serta melakukan beberapa uji yaitu uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas serta uji hipotesis yang meliputi uji signifikansi parsial (uji t), uji F (simultan) serta uji koefisien determinasi (adjusted R Square) menggunakan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor religiusitas dan motivasi secara parsial berpengaruh positif terhadap minat berinvestasi, sedangkan pengetahuan dan modal minimal secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap minat masyarakat Kabupaten Banyumas di pasar modal syariah. Kemudian, pada hasil uji F secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan, religiusitas, motivasi dan modal minimal investasi terhadap minat berinvestasi masyarakat Kabupaten Banyumas di pasar modal syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Religiusitas, Motivasi, Modal Minimal, Minat Investasi.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Rahma Nur Laeli sdri
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:24
Last Modified: 03 Jul 2024 07:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25141

Actions (login required)

View Item View Item