PENGELOLAAN DANA ZISWAF DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP PANTI ASUHAN PUTRI BAABUSSALAAM BANYUMAS

Aulia, Amanda Lestari (2024) PENGELOLAAN DANA ZISWAF DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP PANTI ASUHAN PUTRI BAABUSSALAAM BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AULIA AMANDA LESTARI_PENGELOLAAN DANA ZISWAF DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP PANTI ASUHAN PUTRI BAABUSSALAAM BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF) merupakan instrumen penting dalam Islam untuk mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan umat, khususnya di Indonesia. Pengelolaan dana yang efektif di suatu wilayah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan hidup yang mendesak, termasuk kebutuhan anak-anak asuh di panti asuhan. Seiring waktu, untuk mengoptimalkan potensi pengelolaan Ziswaf, diperlukan penguatan dari berbagai aspek, seperti infrastruktur regulasi, institusi, manajemen, dan sumber daya manusia. Peningkatan kapasitas manajemen dalam pengelolaan dana dapat dilakukan melalui berbagai program kemitraan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengelolaan dana Ziswaf dalam memenuhi kebutuhan hidup anak asuh di Panti Asuhan Putri Baabussalaam Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mendatangi langsung ke Panti Asuhan Putri Baabussalaam Banyumas untuk mengamati pengelolaan dana Ziswaf dalam memenuhi kebutuhan hidup di panti asuhan. Data primer yang dilakukan peneliti yakni melalui wawancara melalui pihak Ketua panti asuhan dan pengurus panti asuhan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Panti Asuhan Putri Baabussalaam Banyumas melakukan pengelolaan dana Ziswaf secara mandiri yakni pihak manajeman lembaga Ziswaf yang mengatur cara perolehan dan pendistribusian dalam memenuhi kebutuhan panti asuhan. Dana tersebut diperoleh melalui berbagai sumber, termasuk donatur tetap, donatur insidental, dan pengelolaan wakaf produktif. Prioritas utama pengelolaannya untuk pemenuhan kebutuhan hidup anak asuh, termasuk makanan, pendidikan, kesehatan, renovasi bangunan, serta biaya listrik dan PDAM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Panti Asuhan, Dana Ziswaf, Kebutuhan Hidup
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: AULIA AMANDA LESTARI sdri
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:21
Last Modified: 03 Jul 2024 07:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25140

Actions (login required)

View Item View Item